Sirip Ban Yokohama Bantu Mobil Semakin Irit

Kompas.com - 19/10/2015, 12:21 WIB
Yokohama memperkenalkan ban dengan sirip untuk mengurangi hambatan udara kendaraan. AutoblogYokohama memperkenalkan ban dengan sirip untuk mengurangi hambatan udara kendaraan.
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Belum jamak jadi pikiran, desain ban memengaruhi hambatan udara kendaraan, tapi buat manufaktur ban Yokohama, hal itu bisa terjadi. Merek ban asal Jepang itu memperkenalkan teknologi baru rancangan ban dengan sirip di bagian dinding, fungsinya memecah aliran udara yang mengarah ke bodi samping dan bagian bawah kendaraan.

Desain eksterior mobil menentukan seberapa besar hambatan udara yang didapat saat dikendarai, semakin minim maka bisa menghemat bahan bakar. Biasanya, produsen merancang mobil dengan berbagai elemen peningkat aerodinamis biar hambatan udara semakin kecil, tapi jarang melibatkan ban.  

Dalam keterangan resminya, via Autoblog, pekan lalu, Yokohama mengatakan eksperimen menempatkan sirip di ban telah dikerjakan sejak 2012. Hasilnya, memuaskan jadi pengembangan terus dilakukan. Pada rancangan terkini dibantu kalangan universitas di Jepang yang menghasilkan bentuk sirip baru dengan kerja maksimal saat berputar.

Meski begitu, seberapa besar efek penggunaan inovasi ini untuk mengurangi hambatan kendaraan belum diterangkan. Yokohama juga tidak mengungkap akan memproduksinya. Prototipe ban dengan sirip akan diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2015.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X