Ini Delapan Ubahan Jeroan New Ertiga

Kompas.com - 10/09/2015, 09:01 WIB
Suzuki New Ertiga Stanly/OtomaniaSuzuki New Ertiga
|
EditorAzwar Ferdian

Cirebon, KompasOtomotif - Dari spesifikasi teknis yang dibeberkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada New Ertiga, bisa dibilang ubahan dibandingkan model sebelumnya nyaris tidak ada bedanya. Perubahan tenaga 92 tk yang lebih kecil dari model sebelumnya (95 tk), memang jadi fokus utama perhatian. Tapi, ternyata New Ertiga punya beberapa jeroan yang diubah dari model sebelumnya.

Riecky Patrayudha, Kepala Servis Roda 4 dan 2 SIS mengatakan, meski dari penampilan ubahan yang ditawarkan New Ertiga sifatnya lebih kepada estetika, tapi ada delapan komponen mesin yang mengalami pembaruan. Ubahan pada kedelapan jeroan ini mampu menjadikan New Ertiga jadi lebih irit.

"Kami banyak melakukan ubahan pada New Ertiga yang tidak terlihat secara kasat mata dan ini sangat berpengaruh pada kemampuan produk ini bagi konsumen," kata Riecky di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Pertama, perubahan kompresi mesin. Kompresi mesin diubah dari sebelumnya 10,1:1 menjadi 11,1:1. Dengan ubahan ini, Ertiga facelift minimal butuh konsumsi bahan bakar dengan RON 90, atau setara dengan BBM jenis Pertalite.

Kedua, ubahan pada bagian sistem pendinginan mesin (colling system). Ketiga, juga termasuk komponen Spacer Water Jacket yang mampu membuat cairan pendingin (coolant) lebih cepat masuk ke dalam silinder.

"Kemudian (keempat) ada ubahan pada bagian pembuangan Exhaust Campshaft, selanjutnya (kelima) Squis Design Cylinder, (keenam) Resin Head. "Pokoknya mengubah diameter klep buang dan masuk," kata Riecky.

Desain Piston Dome (ketujuh) juga mendapat sentuhan baru, terakhir dilakukan pemetaan ulang Electronic Controler Modul (ECM). "Semua ubahan ini dilakukan bertujuan demi mencapai efisiensi bahan bakar," kata Riecky.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.