Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenaga Turun, “Mobil Sejuta Umat” Suzuki Diklaim Lebih Irit

Kompas.com - 10/09/2015, 07:19 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


Cirebon, KompasOtomotif – New Ertiga diluncurkan sebagai andalan terbaru Suzuki banyak dipandang hanya dari ubahan minor atau yang kerap disebut facelift. Tapi, ternyata bukan hanya itu yang ditawarkan, melainkan rata-rata konsumsi bahan bakar yang diklaim lebih irit.

"Dari beberapa ubahan yang kami lakukan, ternyata berhasil membuat New Ertiga lebih irit sampai delapan persen, berdasarkan perhitungan yang kami lakukan di Suzuki," ucap Donny Saputra, Kepala Pengembangan Produk SIS di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (9/9/2015).

Menariknya, dalam spesifikasi mesin yang dibekali Suzuki pada New Ertiga, masih mengandalkan K14B 1.4 liter 4 silinder VVT yang digunakan pada model lama. Pada Ertiga lama, mesin ini mengeluarkan tenaga sampai 95 tk pada 6.000 rpm, sementara model terbaru (New Ertiga) hanya menyemburkan 92 tk pada 6.000 rpm.

"Memang tenaga kuda kami kurangi tiga poin, tapi momen torsi puncak dimajukan lebih awal sedikit pada putaran mesin. Jadi tenaganya berkurang, tapi torsi lebih mudah didapat pada rpm awal, sehingga tidak perlu dalam-dalam menginjak pedal gas, otomatis jadi lebih irit," ucap Donny, menjelaskan.

Meski New Ertiga punya spesifikasi daya yang lebih kecil, namun Donny mengaku jumlah ini tidak terlalu signifikan pada performa mesin. Bahkan, ubahan yang dilakukan ini justru dilakukan atas masukan konsumen yang cenderung lebih memikirkan seberapa irit mobil ketimbang sejauh mana kecepatan suatu kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com