Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribet Cari Parkir di PRJ, Ini Solusinya!

Kompas.com - 10/06/2015, 13:50 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Rasanya hampir setiap tahun penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau sekarang bernama Jakarta Fair Kemayoran (JFK) di Jakarta International Expo (JiExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, kenyamanan parkir kendaraan selalu bermasalah. Dilihat dari fungsi, fasilitas, dan estetika, sistem parkir yang tersedia terasa kurang memadai padahal acara dan lokasi ini rutin digelar tiap tahun.

Dalam keterangan rilis resmi Team Media Center PT JiExpo, Selasa (9/6/2015), dijelaskan total kapasitas lahan parkir di JiExpo mampu menampung 30.000 kendaraan, terdiri dari 10.000 unit untuk mobil dan 20.000 sepeda motor. Bila satu kendaraan diibaratkan menampung dua orang, berarti setidaknya lahan parkir mendatangkan 60.000 orang.

Penyelenggara PRJ 2015 menargetkan selama 38 hari penyelenggaraan PRJ 2015 (29 Mei – 5 Juli) dikunjungi 5 juta orang lebih. Dari target itu bisa dihitung rata-rata pengunjung JFK mencapai 130.000 orang per hari, bahkan bisa menembus 200.000 orang di akhir pekan.

Dari data tersebut dan melihat jumlah lahan parkir yang tersedia, idealnya penyelenggara berharap setengah target pengunjung yang datang tidak menggunakan kendaraan pribadi alias tidak menggunakan fasilitas parkir.

Selama ini yang kerap terjadi lahan parkir yang disediakan berbanding terbalik dengan target pengunjung, hasilnya parkir sulit didapat. Kalaupun dapat, harus menunggu waktu berjam-jam dan jauh dari kata nyaman.

Tips

Datang diantar adalah salah salah satu solusi mengunjungi PRJ 2015 tanpa membawa kendaraan. Cara lain dengan memanfaatkan bus Trans Jakarta rute Monas-Kemayoran, dikatakan bus berangkat setiap 10-15 menit sekali. Rute bus melewati halte monas, Balaikota, Gambir 2, Gambir 1, Istiqlal, Budi Utomo, Pasar Baru, dan Halte depan pintu 2 JiExpo.

Penunjung bisa memarkir kendaraan di dekat lokasi pemberhentian Trans Jakarta lalu menumpang bus sampai ke JiExpo. Selain itu tersedia pula kantong parkir di Lapangan IRTI Monas atau di Mangga Dua Square, dari kedua lokasi itu tersedia bus shuttle gratis ke JiExpo. Cara-cara ini memang belum biasa digunakan pengunjung, seharusnya bisa lebih dimanfaatkan.

Namun kalau dua alternatif itu bukan solusi dan anda harus tetap membawa kendaraan perhatikan tips berikut. PRJ 2015 dibuka mulai pukul 15.30 WIB di hari kerja dan 10.00 WIB di akhir pekan. Usahakan datang di hari kerja, Senin sampai Jumat, sebab kepadatan tidak seramai akhir pekan. Selain itu lebih baik kendaraan masuk lahan parkir sebelum jam buka agar terhindar dari antrean panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com