Selepas Tambora, All-New Navara Menjelajah ke Sinabung - Kompas.com

Selepas Tambora, All-New Navara Menjelajah ke Sinabung

Kompas.com - 22/04/2015, 08:26 WIB
KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Mobil Nissan Navara, melewati zona aman di kawasan kaki Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara, Rabu (15/4/2015). Ekspedisi alam liar di Sumatera Utara sekaligus memberikan bantuan untuk pengungsi erupsi Gunung Sinabung.

Berastagi, KompasOtomotif – Selepas menaklukan Gunung Tambora di Dompu, Nusa Tenggara Barat, perjalanan Ekspedisi Alam Liar bersama All-New Navara berlanjut mendekati Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara, Selasa (14/4/2015). Kali ini petualangan tim bukan hanya mengeksplorasi keindahan alam di puncak tertinggi Sumatera Utara itu tapi juga membawa misi kemanusiaan.

Gunung Sinabung mendadak aktif dan meletus pada 2010 lalu. Pada 2013 letusan kembali terjadi, sebanyak tujuh desa di sekitar terpaksa harus direlokasi untuk keselamatan. Letusan masih berlangsung hingga sekarang, aktivitas terakhir terekam pada awal April 2015. Gunung Sinabung mengeluarkan awan panas dan debu vulkanis yang mengancam kehidupan masyarakat.

Hal inilah yang menggerakan Nissan Motor Indonesia (NMI) mengarahkan tangan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu desa yang terkena dampak. Bantuan berupa bahan makanan diangkut tiga unit All-New Navara dari Medan.

Secara simbolis Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI menyerahkan sumbangan kepada Suang Karo-Karo, Assisten 1 Pemerintahan Setdakab Karo dan sejumlah perwakilan desa di rumah dinas Bupati Karo.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES General Manager Marketing Strategy and Product Planning PT Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin (kanan) menyerahkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Sinabung, di Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara, Kamis (16/4/2015). Dalam aksi ini Nissan memberikan bantuan berupa mi instan, beras, dan makanan kaleng.

"Kegiatan penyerahan bantuan kepada masyarakat di sekitar Gunung Sinabung ini adalah bentuk komitmen nyata dari Nissan untuk berkontribusi kepada masyarakat. Ini adalah bantuan ketiga kalinya dari Nissan untuk korban bencana Gunung Sinabung yang sudah terjadi selama beberapa tahun,' ujar Budi.

"Aktivitas masyarakat sangat terganggu. Masyarakat Karo sebenarnya gigih Cuma karena situasi memang tidak banyak yang bisa dilakukan. Ke depan kami masih berharap NMI dan siapa saja yang tergerak mau membantu memberikan fasilitas lain, kami ucapkan terima kasih,” ucap Suang. 

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Warga bahu-membahu membantu mobil Nissan All New NP300 Navara yang digunakan tim ekspedisi, ketika terperosok membawa bantuan untuk pengungsi Gunung Sinabung, Kamis (16/4/2015).
 

Gunung Sinabung, lanjut Suang, tidak bisa ditebak, hampir setiap hari terjadi erupsi kecil, gempa tektonik, dan tremor. Ada 16 – 20 desa yang terkena dampak, sekitar 400 hektar lahan pertanian tidak bisa dimanfaatkan. Sebab itu bantuan kemanusiaan masih tetap dibutuhkan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAzwar Ferdian

Terkini Lainnya


Close Ads X