Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ekspedisi Alam Liar

Kendali All-New Navara Hanya dengan Satu Jari

Kompas.com - 06/04/2015, 09:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Dompu, KompasOtomotif – Pikap kabin ganda terbaru Nissan All-New Navara sekilas memang terlihat tangguh untuk medan off-road, tapi rancangan generasi ke-12 ini juga dilengkapi fitur canggih untuk on-road, yaitu cruise control. Fitur ini tergolong unik di kelasnya, fungsinya membuat pengemudi bisa mengendalikan laju hanya dengan satu jari.

Cruise control jadi bonus buat pemilik All-New Navara,” ujar Budi Nur Mukmin General Manager Marketing Strategy and Communication Division Nissan Motor Indonesia mengomentari pertanyaan mengapa perlu ada fitur ini di Navara.

Fitur ini berfungsi menjaga kecepatan Navara tetap konstan tanpa perlu bantuan kaki mengatur pedal gas. KompasOtomotif mencobanya dalam perjalanan dari Pelabuhan Pototano menuju Dompu di Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Menjajal cruise control paling tepat saat kondisi jalan lurus dan sepi aktifitas lalu lintas.

Febri Ardani Pengatur fitur "cruise control" ada di sebelah kanan pengemudi.

Mudah

Tombol pengatur cruise control terletak di kemudi sebelah kanan. Terdiri dari dua tombol utama, “Main (on/off)”dan “Cancel”, serta tuas yang bisa digeser ke atas (Accelerate/Resume) dan ke bawah (Coast/Set).

Caranya menggunakannya sangat mudah, dengan syarat cruise control hanya bisa aktif di atas 40 kpj. Dimulai dari menekan tombol Main di posisi on, indikator berwarna hijau di instrument cluster akan menyala. Injak pedal gas hingga mencapai kecepatan yang diinginkan, lalu tuas digeser ke bawah (Coast/Set). Kaki bisa dilepas dari pedal gas dan kecepatan All-New Navara bakal bertahan.

Saat ingin mendahului kendaraan lain atau berakselerasi lebih cepat, kaki hanya perlu menekan pedal gas. Bila pedal gas dilepas maka kecepatan konstan kembali ke semula. Ada cara lain mengendalikan kecepatan tanpa menekan pedal gas, hanya perlu satu jempol.

Saat cruise control aktif, geser tuas sekali ke atas (Accelerate/Resume) untuk menambah kecepatan dan sekali ke bawah (Coast/Set) bila ingin lebih lambat. Sekali menggeser tuas berarti kecepatan berubah 1 kpj.

Naik Turun

Saat kondisi menanjak dan menurun, cruise control berusaha mempertahankan kecepatan. Meski begitu dari hasil pengamatan KompasOtomotif, kecepatan berubah saat menanjak atau menurun tapi kembali saat jalan mulai datar.

Semua kerja fitur Cruise control  bakal mati ketika pedal rem ditekan, tombol cancel ditekan, atau tombol Main di posisi “off”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com