Australia Tambah Jaringan Pengisian Baterai Mobil Listrik

Kompas.com - 11/12/2014, 12:50 WIB
Tesla ingin bangun jaringan stasiun pengisian ulang listrik super cepat di Australia. Car AdviceTesla ingin bangun jaringan stasiun pengisian ulang listrik super cepat di Australia.
|
EditorDonny Apriliananda

Melbourne, KompasOtomotif – Australia bakal punya jaringan pengisian ulang baterai mobil listrik lebih banyak seiring dengan ekspansi masif merek Tesla Model S. Rencananya, jaringan stasiun pengisian listrik super cepat (stasiun supercharger) akan disebar di Melbourne, Canberra, Sydney, dan Brisbane mulai akhir 2016.

Saat ini Australia hanya punya dua fasilitas itu di Sydney. Satu terletak di kawasan perbelanjaan St Leonards yang punya lima jalur pengisian dan The Star casino di pelabuhan Darling dengan empat jalur pengisian.

Keinginan Tesla diumumkan saat peluncuran resmi Model S. Nantinya setiap stasiun memungkinkan pengemudi Model S mengisi ulang tenaga mobil dengan cepat dan gratis. Tesla mengklaim stasiun Supercharger mampu mengisi baterai hingga setengah kapasitas hanya dalam 20 menit, lalu mencapai 80 persen dalam 40 menit, dan penuh sekitar 75 menit.

Tesla ingin membuat jarak antara stasiun Supercharger paling jauh 200 km. Dengan begitu, pemilik Model S atau pun unit Tesla lainnya bisa menempuh perjalanan jarak jauh.

Namun media otomotif asal Australia Car Advice  menyatakan, dari hasil ulasan mereka ketika mengendarai Model S dari Seattle ke Los Angeles, stasiun Supercharger belum mendukung perjalanan jarak jauh, atau masih kalah efektif dibanding perjalanan yang sama menggunakan mobil bermesin bensin atau diesel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X