Kompas.com - 30/11/2014, 11:30 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Badung, KompasOtomotif – Perjalanan Adi Heriadi bersama empat kawannya menggunakan sepeda motor dari Ternate, Maluku Utara, hingga Bali yang terlebih dahulu ”main-main” ke Bandung, patut diacungi jempol. Niatnya satu, mengunjungi Honda Bikers Day (HBD) 2014 yang diselenggarakan di Pantai Pandawa, Badung, Bali.

Adi dan kawannya yang tergabung dalam Beat Matic Club Ternate itu masing-masing menggunakan Honda Beat. ”Kami sudah melakukan perjalanan selama lima hari dari empat yang dijadwalkan. Tapi kami menikmatinya, karena memang sepeda motor tidak pernah ada gangguan,” kata Adi kepada wartawan (29/11/2014).

Diceritakan, rute yang ditempuh adalah Ternate, Bitung, Makasar, Surabaya. Sesampainya di Pulau Jawa, mereka bukannya segera menghadiri HBD, namun justru ”keluyuran” ke arah Barat menuju Yogyakarta dan Bandung. Rupanya, Adi dan kawannya ingin menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk mengeksplor objek wisata.

Ditemani sejumlah biker dari Honda Streetfire Club Ternate (HSCT) rombongan akhirya sampai ke Bali Jumat (28/11/2014), atau sehari sebelum penyelenggaraan HBD 2014 (29-30 November). Rencananya, rombongan ini juga akan mengeksplor kembali kekayaan alam Nusantara

Misi
Tak sekadar bertatap muka dengan biker lain di HBD 2014, Adi dan teman-teman klubnya juga mengemban misi khusus. Selama perjalanan, mereka sembari mampir ke klub-klub sepeda motor di Sulawesi untuk diberikan undangan Jambore Nasional Honda Beat ke-6 di Ternate, Maret 2015.

”Kami diterima sangat baik oleh anggota klub lain yang kami singgahi. Misi kami memang banyak, salah satunya menyebar undangan dan mengakrabkan diri dengan biker lain,” kata Adi yang sehari-hari mengelola bengkelnya sendiri di Ternate itu.

Bekal
Perjalanan jauh tentu butuh sangat banyak bekal. Adi mengaku hanya mengantongi Rp 3 juta untuk digunakan selama perjalanan menuju Bali. Untungnya, main dealer Honda setempat memberikan bantuan untuk partisipan HBD di Bali.

”Nilainya lumayan untuk menambah bekal. Total masing-masing orang bisa membawa Rp 5 juta. Cukup sih, bisa lebih. Yang penting bisa membeli bensin sampai pulang ke Ternate,” kata Adi.

Setelah penyelenggaraan HBD 2014, Adi dan kawan-kawannya akan mengeksplor Bali, untuk kemudian menyeberang Pulau Jawa, lalu kembali menyeberang ke Sulawesi dari Surabaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.