Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Biker" Honda dari Aceh sampai Papua "Tumpah" di Bali

Kompas.com - 29/11/2014, 18:40 WIB

Badung, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mengumpulkan biker Honda di seluruh Indonesia dalam Honda Bikers Day (HBD). Inilah gathering tahunan terakbar bagi klub di Indonesia. Lebih dari 12.000 biker "tumpah" di Pantai Pandawa, salah satu "surga" tersembunyi di Pulau Dewata.

Agenda ini bergulir pada 29-30 November 2014, didukung penuh Astra Motor Denpasar dan Honda Community Bali (HCB) dengan mengusung tema “Satu Hati Harmoni Indonesia”. Tema ini bertujuan menyatukan para biker sepeda motor Honda yang datang dari seluruh penjuru nusantara dalam satu hati kebersamaan dan satu harmoni berbagi kepedulian bagi Indonesia.

Tahun ini, HBD memasuki penyelenggaraan keenam. Semua berlokasi di objek wisata indah Indonesia. "Kami ingin mengajak biker tetap cinta Indonesia. Kami ingin membuat biker terus menyadari bahwa Indonesia kaya. Di Pantai Pandawa yang indah ini, ribuan biker lalu menyebarkan keindahan itu lewat media sosial ke lebih banyak orang untuk mempromosikan," jelas Istiyani Susriyati, General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division AHM.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Biker-biker di Pantai Pendawa, Badung, Bali, dalam Honda Bikers Day 2014.

Tema dan Peserta
Tema yang diusung terinspirasi dari besarnya semangat kebersamaan dan kesedian ribuan biker untuk hadir di setiap tahun pelaksanaan HBD. Acara ini menjadi bentuk apresiasi AHM atas kesetiaan terhadap produk sepeda motor Honda dan kekompakan mereka dalam menggerakkan sesama pecinta sepeda motor Honda dalam satu wadah yang juga aktif melakukan beragam kegiatan yang positif bagi masyarakat.

Setelah dilakukan pendaftaran online, tercatat ribuan biker yang tergabung dalam beberapa Paguyuban atau Asosiasi sepeda motor Honda datang dari daerah yang cukup beragam. Mulai dari ujung Sumatera, Maluku, hingga Papua. "Saat ini tercatat 12.000 biker yang hadir, jumlah itu kemungkinan bertambah hingga 15.000 sampai nanti malam," tambah Istiyani.

Yang menarik, demi komitmen terhadap keselamatan dan keamanan, AHM menyediakan Posko HBD yang berfungsi sebagai sarana istirahat biker di sepanjang perjalanan. Posko tersebut didirikan di sejumlah lokasi antara lain Lampung, Surabaya, Probolinggo dan Ketapang. Semua peserta yang terdaftar juga sudah diikutkan asuransi Astra.

Budaya
HBD juga bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Di sela acara, diadakan pagelaran Tari Kecak yang ditarikan bersama oleh penari asli Bali bersama ribuan biker sepeda motor Honda untuk memecahkan rekor MURI sebagai Tari Kecak kontemporer biker dengan jumlah penari terbanyak.

Aktivitas biker di Pantai Pandawa juga semakin bermakna dengan aksi kepedulian lingkungan yakni pelestarian terumbu karang. Aktivitas ini diharapkan agar dilanjutkan oleh biker dalam beragam bentuk kepedulian lingkungan lainnya di daerah-daerah asal komunitas sepeda motor Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com