Innova Bisa Jadi Mobil Kepresidenan Jokowi, asal...

Kompas.com - 26/08/2014, 08:00 WIB
Toyota Kijang Innova yang dipakai oleh Jokowi ke Balaikota kompas.com-FabianToyota Kijang Innova yang dipakai oleh Jokowi ke Balaikota
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Sebagai presiden terpilih RI, sudah selayaknya Joko Widodo mendapat pengamanan level tertinggi, termasuk pada kendaraan harian yang akan ditumpangi. Akhir pekan lalu, Jokowi (sapaan akrab Joko Widodo) terlihat sudah menggunakan mobil Mercedes-Benz S600 Guard, plus pengawalan Paspampres.

Namun, Jokowi mengaku masih mencoba jenis mobil yang cocok untuk blusukan saat nanti sudah berstatus sebagai presiden. Toyota Kijang Innova yang selama ini akrab dengan Jokowi selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ternyata masuk dalam pertimbangan. Bahkan pada Senin (25/8/2014) Jokowi ke Balaikota dengan menggunakan Innova dan dikawal Mercy.

Spesifikasi mobil yang mengangkut orang nomor satu di Indonesia harus sesuai dengan standar keamanan yang sudah ditentukan oleh Sekretariat Negara, Paspampres, dan pihak militer. Pasalnya, bukan hanya nyawa presiden yang harus dilindungi, melainkan nasib bangsa Indonesia juga bergantung pada sistem perlindungan ini.

Mobil yang digunakan untuk membawa presiden ada yang sudah diciptakan sebagai armoured vehicle dari pabriknya langsung, atau dimodifikasi di karoseri khusus spesialis membuat mobil berpelindung. Bagaimana situasinya jika Jokowi masih memilih Toyota Kijang Innova sebagai mobil dinas?

Spesifikasi
"Tidak menutup kemungkinan kalau Innova diberi perlindungan khusus. Tapi, harus di-reinforce ulang agar seluruh bodi dan rangkanya mampu menopang komponen pelindung. Material pelat luar yang digunakan sebagai bodi mobil juga tentunya disesuaikan. Lalu di baliknya terdapat lagi pelat baja yang memiliki ketahanan terhadap senjata," jelas sumber yang dilansir Auto Bild Indonesia.

Dilanjutkan, selain reinforce bodi, bagian kaca juga diperkuat, dengan mengombinasikan dua atau lebih jenis kaca, yakni lapisan kaca yang keras dan lebih lunak. Lapisan kaca lunak membuat kaca menjadi elastis saat terkena tumbukan dari luar. Jadi kaca akan lentur, bukan pecah. Umumnya kaca seperti ini menggunakan bahan polikarbonat karena mampu menyerap kekuatan impak peluru. Kaca itu dibentuk dari beberapa lapisan dan ketebalannya pun berbeda-beda. Ini jelas membutuhkan lis kaca atau ruang di pintu dan motor power window yang lebih besar dari mobil biasa.

Belum lagi perubahan pada sektor ban yang menggunakan model flat tyre. Pada mobil presiden sebelumnya, ban yang digunakan adalah merek Michelin PAX 245-700 R470. Ban ini masih bisa berjalan sejauh 60 kilometer tanpa udara.

Dengan ragam ubahan tersebut, bobot mobil tentu akan bertambah, dan tidak akan sesuai dengan mesin standar dari Innova. Paling tidak menggunakan mesin yang memiliki tenaga sama dengan Mercedes-Benz S600 Guard, yang dapat menghasilkan daya 530 tk.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X