Kompas.com - 11/07/2014, 10:20 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif -  Sadar akan performa penjualan yang lagi menurun, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mulai berbenah diri. Langkah pertama sudah dilakukan, adalah dengan mengganti pucuk kepemimpinan baru, Stephanus Ardianto sebagai Presiden Direktur.

Steve, begitu ia disapa, mengaku sudah menyiapkan strategi khusus untuk bisa mengembalikan performa penjualan kembali menanjak. Salah satunya dengan menghadirkan model baru di segmen pasar yang paling gemuk, kendaraan multi guna bawah (LMPV).

Langkah merek lain, seperti Suzuki, Chevrolet, dan Honda merangkak masuk ke segmen ini dengan model-model andalan mulai mengusik. Pasalnya, Evalia yang dicomot dari salah satu produk global untuk bersaing dengan Avanza, Xenia, Ertiga, Spin, atau Mobilio, masih kurang ideal dengan keinginan konsumen. Ini dibuktikan dengan hasil penjualan Evalia yang kurang membahagiakan.

Steve menjelaskan, Nissan telah berhasil menghadirkan Livina sejak 2007 dan kesuksesan terus bertahan hingga saat ini. MPV medium ini masih menjadi penopang utama penjualan di Indonesia. "Dulu, belum ada merek lain yang masuk ke segmen ini, kini dengan adanya Ertiga, terakhir Mobilio, menawarkan karakteristik yang sama," jelas Steve di Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Datsun
Langkah menghadirkan Datsun Go+ Panca yang memiliki karakter mirip seperti segmen LMPV juga kurang tepat karena lebih menyasar pada konsumen pembeli pertama. Sedangkan, konsumen LMPV saat ini sudah berevolusi dengan menuntut berbagai kelengkapan fitur yang cukup, tidak seperti karakter LCGC yang relatif "seadanya".

Lantas, apakah ada model baru untuk bisa bersaing dengan Mobilio yang saat ini tengah melesat penjualannya? "Lagi disiapkan, saya diminta untuk mempersiapkan," tukas Steve singkat tanpa mau menjelaskan lebih lanjut.

Jika model baru ini benar diluncurkan, maka akan mengisi ceruk di antara Datsun Go+ Panca dan di bawah Livina. Sebagai opsi, bisa saja menggunakan platform yang sama dengan Panca, tapi dengan kelengkapan fitur yang lebih mumpuni, agar bisa bersaing dengan rival di kelasnya.

Kira-kira kapan model ini bisa diluncurkan, menurut estimasi KompasOtomotif berdasarkan indikasi yang ada, paling cepat akhir 2015 atau awal 2016. Ada pepatah mengatakan, Lebih baik telat daripada tidak datang sama sekali!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.