Konsumsi BBM Honda Mobilio Kembali Diuji, Ini Hasilnya...

Kompas.com - 21/06/2014, 16:30 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Honda Prospect Motor (HPM) kembali menggelar seri lanjutan kontes adu irit Wisata Plus Honda Mobilio Tantangan Hemat 20 kpl, Sabtu (21/6/2014). Diikuti 23 konsumen dan 32 calon konsumen potensial yang menggunakan tipe E CVT. Ada sedikit perbedaan dibanding gelaran sebelumnya, acara ini serentak diadakan di empat kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya) dan 10 perwakilan media kali ini menggunakan tipe E MT.

Dibagi menjadi dua kelas, A khusus untuk konsumen dengan mobil pribadi dan B buat peserta yang menggunakan milik dealer Honda. Tantangan dan hadiah utama tetap sama, Rp 2 juta buat lima kontestan peraih angka kpl terbaik di masing-masing kategori dan Rp 5 juta bagi yang bisa menembus 20 kpl.

Pada seri pertama, Mei lalu, lima orang berhasil menembus 20 kpl dengan catatan terbaik 22,5 kpl. “Di seri pertama, belum ada tantangan 20 kpl, awalnya hanya tantangan hemat. Ternyata ada beberapa yang tembus. Di seri kedua ini, kami yakin menetapkan target di atas 20 kpj,” ujar Yosef Swasono Agus, Corporate Communication Manager HPM.

Seluruh peserta bertolak dari dealer Honda Autoland di Kelapa Gading, menempuh jarak rata-rata 55 km menuju Taman Budaya Sentul, Bogor. Penilaian ditinjau dari hasil yang terekam pada Multi Information Display (MID) di salah satu instrument cluster Mobilio.

KompasOtomotif-Febri Ardani Saragih Zainal Abidin (kiri) 20,5 kpl, Wiliam Jaya Tansir 21,1 kpl, Cindy Ong 21,1 kpl.

21,1 kpl
Hasil resmi untuk Jakarta mengungkapkan, ada sembilan peserta yang berhasil menembus 20 kpl. Bagian dari itu, pencapaian tertinggi 21,1 kpl dicapai empat peserta. Khusus jurnalis pencapaian terbaik 20,6 kpl. Yosep mengatakan, kondisi jalan yang dilalui lebih berat dibanding seri pertama, lebih banyak titik kemacetan sepanjang perjalanan. Hasil dari wilayah lain, Bandung terbaik 19,8 kpl dan Surabaya 20,2 kpl.

"Sebelum kena macet saya bisa sampai 22,5 kpl, setelah finis 20,5 kpl. CVT tidak perlu digas sudah jalan sendiri, sedikit saja disentuh sudah bisa jalan. Triknya ikutin alur mesin saja, dijaga tidak lebih dari 1.000 rpm,” ujar Zainal Abidin, peserta dari kelas A, yang memakai bahan bakar jenis Pertamax, mobil diisi tiga penumpang.

William Jaya Tansir (kelas A), juga mengungkapkan hal sama. Ia mendapatkan hasil yang lebih bagus 21,1 kpl. “Saya juga pakai Pertamax, kompetisi begini lebih penting menahan emosi. Rpm sekitar 1.000-2.000,” katanya yang juga menjelaskan satu mobil ditemani satu anak.

Sementara itu wakil dari konsumen potensial (kelas B) yang mencapai 21,1 kpj, Cindy Ong, menjelaskan, Mobilio tergolong mudah digunakan anak muda. “Saya kalau bawa mobil memang pelan-pelan, ngegas cuma pakai jempol. Kecepatan dijaga 60-70 kpj. Nanti saya bilang mama beli Mobilio saja,” katanya.

Hasil Resmi

5 besar dari kelas A (mobil pribadi)
19,5 kpl
19,3 kpl
19,3 kpl
19,1 kpl
18,8 kpl

5 besar dari Kelas B (mobil dealer Honda)
19,6 kpl
19,5 kpl
19,4 kpl
19,4 kpl
19,3 kpl

Super hemat (tembus 20 kpj)
21,1 kpl
21,1 kpl
20,5 kpl
20,5 kpl

Calon konsumen potensial
21,1 kpl
21,0 kpl
20,6 kpl
20,5 kpl
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.