Nissan Elgrand Versi Mewah Siap Mengganggu Dominasi Toyota Alphard

Kompas.com - 19/06/2014, 08:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Chigasaki City, KompasOtomotif – Sudah menjadi tugas Autech Japan Inc untuk menghadirkan versi spesial dari mobil-mobil Nissan. Setelah Grand Livina Autech yang akan meluncur Jumat (20/6/2014), giliran MPV luks, Elgrand, bakal menyusul dengan aksesori lebih mewah balutan Autech. Indikasi terbesar akan dipamerkan di IIMS 2014, September mendatang.

Indikasi tersebut bisa diketahui ketika KompasOtomotif dan beberapa media lain dari Indonesia mengunjungi kantor pusat Autech Japan Inc di Chigasaki, Kanagawa, (18/6/2014). Satu unit Elgrand Autech warna hitam sedang disiapkan untuk dikirim ke Indonesia bulan depan, sebagai bahan studi PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

Donny Apriliananda Jok mewah di Nissan Elgrand Autech.

Wajahnya berubah drastis terutama dilihat dari depan. Gril trapezoid dibuat membesar sampai bawah dengan garis-garis krom. Ciri khas Autech tampak jelas dari pemasangan rumah lampu kabut yang didesain dengan aksen krom. Sekilas wajah semakin galak. Emblem bertuliskan ”VIP” pada bodi semakin menegaskan posisinya menjadi varian tertinggi.

Perubahan besar ada di bagian interior. Jok baris kedua dan ketiga diringkas dengan hanya dua jok model kapten (captain seat) yang besar dengan penggerak elektrik. Jok tebal dilapisi kulit itu punya sandaran kaki dan kenyamanan ekstra. Terdapat kompartemen kecil yang dipasang di belakang jok penumpang belakang.

Donny Apriliananda Dashboard dilapisi kayu.

Mewah
Kesan mewah di dalam semakin tegas dengan karpet tebal warna hitam. Penumpang belakang akan dimanja dengan sistem hiburan dengan layar monitor yang terpasang pada atap. Terdapat atap kaca di atas penumpang belakang. Sementara di bagian depan, dasbor diberi panel kayu.

Meski sudah di depan mata, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI, Budi Nur Mukmin, mengatakan bahwa Elgrand Autech masih akan dipelajari. ”Memang akan dikirim ke Indonesia, tapi tidak dalam waktu dekat peluncurannya. Masih lama,” katanya.

Di pasar MPV mewah, Elgrand menjadi salah satu model yang cukup sukses di Indonesia. Harganya kompetitif, terdiri dari dua tipe yang saat ini dipasarkan, yakni 2.5L dengan harga Rp 838 juta, dan 3.5L berbanderol Rp 920 juta. Berarti, versi Autech akan lebih mahal dan kemungkinan hampir menyentuh Rp 1 miliar. Tentunya hal ini akan jadi daya tarik tersendiri untuk mengganggu dominasi Toyota Alphard.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.