Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.200 Robot Pintar Bantu Produksi Nissan di Kyushu

Kompas.com - 18/06/2014, 08:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Fukuoka, KompasOtomotif – Fasilitas perakitan Nissan di Kyushu, Perfektur Fukuoka, Jepang, adalah salah satu pabrik mobil tercanggih dan modern di dunia. Kecepatan serta efisiensi memproduksi kendaraan dipikirkan sedemikan rupa, agar memenuhi target tanpa mengesampingkan kualitas. Tak kurang dari 1.200 robot pintar menggantikan tenaga manusia.

Robot-robot itu dibagi-bagi dalam tiga bagian, yakni perakitan bodi, pengecatan, dan perakitan utuh. Menurut Motomu Fukudome, Superintendent Guest Hall Nissan Motor Kyushu, yang mengawal jurnalis dalam plant tour, robot sudah menjadi bagian dari pabrik sejak pertama kali dibangun. ”Sejak 40 tahun lalu pabrik sudah memakai robot untuk membantu manusia,” jelasnya.

Di body assembly misalnya, 240 staf dibantu 450 robot. Robot-robot ini sudah diprogram untuk melakukan pekerjaan jauh lebih cepat ketimbang manusia atau dianggap membahayakan seperti proses pengelasan. Karena sudah diprogram, keakuratan pengerjaan tak perlu dipertanyakan. Di satu unit X-Trail misalnya, 3.200 spot dilas dengan jasa robot.

Begitu pula dengan pengecatan, semua dilakukan robot di ruang isolasi. Untuk mencapai ketebalan 0,2 mm dalam setiap lapisan cat, tidak mungkin dilakukan akurat oleh manusia. Konsistensi robot dibutuhkan untuk menjamin kualitas.

Nissan Stock yard di Nissan Khyushu Plant, bisa menampung 25.000 mobil siap kirim.

Pengerjaan lantas dilanjutkan di assembly line yang mayoritas mengandalkan tangan terampil pekerja. Sekitar 600 orang siap sedia di satu line yang panjangnya mencapai 1.200 meter. Yang menarik, pengantaran komponen ke masing-masing bagian dilakukan oleh robot, yang sudah punya jalur sendiri dengan mengikuti garis melalui sensor.

Untuk menjadi satu mobil yang siap meluncur, dibutuhkan waktu total 14 jam, terbagi dalam 4 jam perakitan bodi, 6 jam pengecatan, dan 4 jam perakitan utuh. Sebelum dijajarkan pada stock yard yang mampu menampung 25.000 mobil, terlebih dahulu kendaraan dicek kualitasnya pada 700-800 titik.

Dengan metode yang modern dan canggih itu, hanya dari satu line produksi di plant 2 (pabrik ke-2), satu mobil lahir dalam satu menit! Tak heran jika kapasitas produksi 500.000 unit setahun dari Nissan Kyushu dengan mudah dicapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com