Penjualan Mobil di Eropa Mulai Naik

Kompas.com - 19/03/2014, 13:07 WIB
Penjualan mobil di Eropa terus naik. Chris Ratcliffe/BloombergPenjualan mobil di Eropa terus naik.
|
EditorAris F. Harvenda
Munich, KompasOtomotif - Penjualan mobil di Eropa akhirnya menunjukkan konsistensi peningkatan positif di Februari 2014. Dalam enam bulan terakhir, benua biru berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan, ditopang oleh perbaikan kondisi di Eropa selatan dan berkat peluncuran model-model baru.

Menurut data pendaftaran mobil baru negara Uni Eropa, tercatat 894.730 unit, atau naik 7,5 persen dari bulan yang sama tahun sebelumnya, dengan 831.730 unit. Asosiasi Industri Otomotif Eropa (ACEA), dalam dua bulan terakhir total penjualan tercatat 1,86 juta unit, naik 6,3 persen.

Hampir semua pabrikan besar di Eropa, kecuali Volkswagen mencatatkan kenaikan penjualan di segmen kendaraan penumpang, bulan lalu. PSA Peugeot-Citreon berhasil naik 3,5 persen, dengan lonjakan terbesar disumbang Peugeot dengan 7 persen. CEO Peugeot, Maxime Picat mengatakan, dengan peluncuran model baru, 308 hatchback, berhasil menarik minat konsumen untuk membeli. Apalagi, predikat mobil terbaik Eropa 2014 semakin memperbesar kepercayaan diri konsumen.

Grup Renault juga melesat 11,5 persen, berkat meledaknya Dacia dengan Duster dan Logan. Sementara Renault mengandalkan Captur. Di lain pihak Ford lewat Fiesta berhasil mendulang 11 persen lonjakkan penjualan. Hal ini membuat kapasitas produksi Ford ditingkatkan di pabrik Cologne, Jerman.

General Motors juga mengalami hal sama, naik 12 persen, berkat lonjakkan dari merek Opel dan Vauxhall. Hasil ini akan memacu Opel memperluas jaringan pemasaran, mengandalkan Adam. Chevrolet, justru turun 5 persen.

VW Anjlok
Secara grup, Volkswagen naik 7 persen, ditopang oleh Skoda yang melesat 21,5 persen. Sementara merek VW sendiri justru turun 0,8 persen.

Grup Fiat naik 5,8 persen berkat model 500L dan subkompak 500 yang mulai dipasarkan ke Indonesia akhir tahun lalu. Grup Toyota mencatatkan lonjakkan 14 persen, Nissan naik 3 persen, Hyundai turun 3 persen, sementara Kia naik 8 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber autonews
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X