Mogok di Jalan Ketika Mudik, Jangan Panik!

Kompas.com - 18/08/2012, 13:51 WIB
Tak perlu khawatir ketika mogok dalam perjalanan mudik. Yang penting tetap tenang dan melakukan langkah yang benar. Tak perlu khawatir ketika mogok dalam perjalanan mudik. Yang penting tetap tenang dan melakukan langkah yang benar.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif — Persiapan terhadap mobil sudah dilakukan jauh hari sebelum Lebaran. Stamina tubuh pun sudah dijaga. Namun, perjalanan silaturahim ke kampung halaman bisa saja sedikit terganggu karena mendadak mobil mogok. Jika begitu, tak perlu panik karena ada beberapa tips agar persoalan ini terlewati dan Anda tetap bisa berkumpul bersama keluarga.

Berikut tips dari bengkel AutoSpeed di kawasan Radin Inten, Jakarta Timur:

1. Ketika mogok di saat Anda terjebak macet, berusahalah tenang. Putar kunci kontak ke posisi "off".

2. Nyalakan lampu hazard sebagai tanda bagi pengendara di belakang, menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami masalah.

3. Berusahalah menepi (didorong) dan pasang segitiga pengaman sebagai tanda pada jarak 5 meter.

4. Seandainya mogok dalam kondisi arus lalu lintas tidak macet, langkah pertama adalah menyalakan lampu sein untuk menepi. Pastikan saat minggir, kondisi di belakang aman. Lalu pasang segitiga pengaman tadi.

5. Turunkan semua penumpang dan ungsikan mereka ke tempat yang aman. Tidak dianjurkan berdiri di dekat mobil, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya mobil melaju kencang dari belakang.

6. Mobil mogok biasanya dipicu tiga hal, yakni sistem kelistrikan pada aki tidak bekerja normal, sistem saluran bahan bakar mampet, atau suhu mesin meninggi akibat air pada radiator kering.

7. Kontak bengkel resmi jika masalah tak bisa diatasi, atau carilah informasi bengkel atau posko jaga terdekat.

8. Ingat, berhati-hatilah menerima tawaran dari orang yang tak dikenal. Selalu waspada.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X