Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tabrak Oliveira, Marc Marquez Dapat Ganjaran Sanksi di GP Argentina

JAKARTA, KOMPAS.com - FIM MotoGP Stewards resmi menjatuhi hukuman long lap penalty terhadap Marc Marquez setelah aksinya yang terlalu agresif pada MotoGP Portugal 2023. Aksi ini  membuat pebalap tuan rumah Miguel Oliveira ikut terjatuh.

Sanksi tersebut, berlaku pada gelaran MotoGP musim 2023 berikutnya yaitu GP Argentina yang rencananya digelar pada 3 April 2023 mendatang.

"Pebalap MotoGP #93 Marc Marquez dijatuhi hukuman long lap penalty ganda (dua kali) di MotoGP Argentina karena terlalu agresif dan menyebabkan insiden kecelakaan yang melibatkan pebalap #88 (Miguel Oliveira)," tulis pernyataan resmi MotoGP, Minggu (26/3/2023).

Dengan hal tersebut, maka peluang pebalap andalan Repsol Honda untuk dapat menyabet titel juara di gelaran MotoGP Argentina pada seri selanjutnya akan semakin sulit. Belum lagi, Marquez juga dikabarkan mengalami cedera tangan usai crash.

Diketahui, Marquez menabrak Oliveira yang sebenarnya memulai start dengan impresif. Hal itu terjadi ketika sang pebalap tuan rumah sedang melibas cukup hati-hati pada tikungan ketiga.

Namun, Marquez yang bergerak terlalu cepat untuk bisa mencapai posisi puncak tiba-tiba berusaha menyalipnya. Hanya saja aksi tersebut tidak dibarengi oleh respons rem yang optimal sehingga motornya menyenggol Jorge Martin.

Kecelakaan yang terjadi ini membuat Marquez mengalami patah tulang tangan kanan. Ia akan dilarikan ke Rumah Sakit Dexeus di Barcelona, Spanyol.

"Info medis: Tangan kanan pembalap #93 @marcmarquez93 kemungkinan mengalami patah tulang metacarpal di seri pertama MotoGP," demikian keterangan resmi MotoGP soal cedera Marquez.

Sementara Oliveira yang sempat terbaring di sisi lintasan dan harus dibantu dengan Marquez, diketahui hanya mengalami memar di kaki kanan.

Usai tabrakan itu terjadi, Marquez mendatangi garasi CryptoDATA RNF yang merupakan tim Oliveira untuk meminta maaf. Namun, Oliveira kala itu sedang berada di Medical Center.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/27/032200715/tabrak-oliveira-marc-marquez-dapat-ganjaran-sanksi-di-gp-argentina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke