Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Motor Baru yang Tampil Perdana di IIMS 2023

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 sudah tiba di penghujungnya. Minggu, 26 Februari 2023, jadi hari terakhir gelaran pada tahun ini, setelah berlangsung selama 11 hari.

Bukan cuma mobil anyar, pameran IIMS 2023 turut memajang deretan motor baru. Mulai dari yang masih mengusung mesin bakar internal, motor listrik, sampai yang hanya perkenalan.

Kompas.com mencatat ada lebih dari 10 model motor baru yang unjuk gigi di pameran, berikut ini motor-motornya:

Honda EM-1 e:

PT Astra Honda Motor (AHM) bakal meluncurkan motor listrik pertamanya di Indonesia. Honda EM-1 e: yang lebih dulu dikenalkan di Eropa, kabarnya segera menyapa konsumen Tanah Air.

Meski begitu, EM-1 e: statusnya baru perkenalan, jadi belum ada informasi soal harga resminya, termasuk juga spesifikasi detailnya.

Namun mengintip model yang tampil di EICMA 2022, kabarnya kombinasi motor listrik dan baterai swap miliknya bisa menjelajah sampai 40 Km.

Sementara waktu pengecasan setidaknya membutuhkan waktu 5 jam dari 0-100 persen, dan 3 jam dari 20-80 persen. Adapun kecepatan maksimal dibatasi sampai 45 kpj.

Honda CRF250L

Di samping memamerkan berbagai keunggulan motor listrik, pameran IIMS 2023 juga mengenalkan tren motor offroad dengan peluncuran berbagai motor trail.

Seperti AHM yang telah mengenalkan CRF250L, sebagai varian baru dari CRF250 Rally yang sudah meluncur lebih dulu.

Kabarnya, ada sejumlah peningkatan pada beberapa sektor, cocok buat yang ingin naik kelas dari CRF150L, khususnya bagi yang cari motor segmen dua alam seperti ini.

CRF250L yang didatangkan langsung dari Thailand ini mengusung mesin mesin 249 cc dengan tenaga 25,34 Tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 23,1 Nm pada 6.500 rpm.

Konsumen yang tertarik bisa memboyong motor trail ini dengan banderol Rp 79,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Yadea

Salah satu merek motor listrik yang mencuri perhatian di IIMS 2023 adalah Yadea. Sebab, pabrikan yang berada di bawah payung Indomobil Group ini mengklaim jadi merek motor listrik di dunia.

Yadea datang ke Indonesia langsung membawa tiga model motor listrik sekaligus. Mulai dari T9 yang dibanderol Rp 21 juta dengan jarak tempuh sejauh 100 Km sebagai daya jualnya.

Kemudian ada juga E8S Pro yang ditawarkan Rp 23,9 juta, dan G6 seharga Rp 29,3 juta on the road (OTR) Jakarta.

Menariknya, salah satu dari ketiga model tersebut punya fitur yang mirip ada pada mobil listrik, yaitu teknologi regeneratif berguna menyuplai daya listrik ke baterai memanfaatkan energi kinetik.

United MX-1200

Di IIMS 2023, pabrikan lokal rupanya tak mau kalah mengenalkan produk unggulannya. Menyikapi tren elektrifikasi yang sedang berkembang, United meluncurkan motor listrik murah MX-1200 yang dibanderol Rp 14,8 juta.

Berbekal motor listrik penggerak berkekuatan 1.200 Watt dan dipadukan dengan baterai berjenis Graphene dengan kapasitas 72V 8Ah, MX-1200 bisa melaju sampai 80 Km sekali cas.

Walaupun punya harga terjangkau, motor listrik ini punya fitur konektivitas yang bisa diakses melalui aplikasi U-Key untuk mengakses informasi kendaraan melalui ponsel pintar.

Gesits Raya

Selain Selis, merek lokal lainnya yang menawarkan model terbaru adalah Gesits. Di IIMS 2023, Gesits Raya dikenalkan sebagai varian entry level.

Tampilannya cukup segar dengan model setang telanjang mirip BeAT Street, berikut juga desain baru lampu LED depan dan belakang.

Tercatat, ada dua varian berbeda yang ditawarkan yakni tipe E dengan harga Rp 24,9 juta dan tipe G ditawarkan Rp 27,9 juta.

Spesifikasi teknis menjadi pembeda keduanya. Tipe E mengusung motor penggerak bertenaga sekitar 4 Tk dan torsi 26 Nm. Dengan baterai 75V 15Ah, Gesits Raya diklaim mampu melaju sejauh 40 Km sekali cas.

Sementara itu, tipe G menawarkan jarak tempuh lebih jauh yakni 60 Km berkat baterai berkapasitas 72V 20Ah.

Moto Bologna Passione

PT Benelli Motor Indonesia (BMI) resmi memperkenalkan merek Moto Bologna Passione (MBP) di Indonesia pada IIMS 2023.

Hadirnya MBP menemani Benelli dan Keeway di Indonesia. Selain itu, saat peluncuran merek, dibawa juga salah satu produk yang akan dijual di Indonesia, yakni skutik dengan nama SC125RE.

Skuter matik (skutik) bergaya retro tersebut bisa dibilang punya desain yang unik. Modelnya tetap bergaya klasik, tapi ada sentuhan modern yang jadi pembeda dengan skutik lain.

Tapi sayang skutik retro calon pesaing Vespa ataupun Royal Alloy itu belum diumumkan harganya ataupun kapan rencana penjualannya.

Yamaha Neos

Yamaha memajang sebuah motor listrik Neos yang sebelumnya telah meluncur buat pasar Eropa dan Vietnam.

Motor listrik sudah dijual di Vietnam dengan harga sekitar Rp 30 jutaan. Neos kabarnya setara dengan motor konvensional berkapasitas 50 cc.

Di atas kertas, Neos mengusung baterai berkapasitas 50,4V 19,2Ah yang disalurkan ke dinamo listrik bermodel brushless berkekuatan 2,3 kW atau setara 3,0 Tk dan torsi 138,3 Nm.

Kabarnya, satu baterai motor ini dapat menempuh 37 km. Menariknya pengunjung bisa mencoba Neos secara langsung di IIMS 2023.

Royal Enfield Scram

Royal Enfield resmi meluncurkan Scram 411 di IIMS 2023. Motor dengan desain mirip Himalayan ini dibanderol mulai Rp 130 jutaan, tergantung livery yang dipilih.

Motor yang tampilannya lebih klasik dibandingkan Himalayan ini, pakai suspensi tipe fork berdiameter 41 mm dengan panjang 190 mm di bagian depan, serta monoshock dengan panjang 180 mm.

Scram 411 dibekali mesin berkapasitas 411 cc bertenaga 24,63 Tk di 6.500 rpm dan torsi maksimum 31 Nm pada 4.250 rpm, serta dijual dengan harga Rp 130 jutaan.

Italjet Dragster edisi khusus

Utomocorp selaku APM Italjet di Indonesia merilis motor edisi spesial bernama Italjet Dragster Signature A.R.L Super Limited Edition, yang digarap langsung oleh Smoked Garage.

Pabrikan motor asal Italia ini merilis Italjet Dragster dengan jumlah sangat terbatas, yakni Signature A.R.L hanya sebanyak 50 unit dan dijual Rp 175 juta.

Pilihannya jatuh kepada Ariel Noah, karena dirinya adalah gambaran seorang public figure dan penyuka motor dari band Noah yang inspiratif. Ariel dikenal juga sebagai sosok penyuka seni grafis.

Di atas kertas, Italjet Dragster ini mengusung mesin 181 cc DOHC bertenaga 17,5 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 15,5 Nm di 7.750 rpm.

Motor ini pakai suspensi khas, independent Steering System (I.S.S), yang jadi keunggulannya. Kemudian ada juga sistem pengereman ABS 2-kanal, panel meter digital, dan lampu LED.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/26/134100915/deretan-motor-baru-yang-tampil-perdana-di-iims-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke