Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Kelebihan Bus yang Pakai Air Suspension

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan bus zaman sekarang semakin memanjakan penumpang. Bukan cuma tampilannya yang lebih segar, kualitas perjalanan yang dialami penumpang juga semakin meningkat.

Salah satu komponen yang berpengaruh pada kenyamanan adalah suspensi. Seiring waktu, suspensi yang ada di bus mulai berganti dari per daun ke suspensi udara atau air suspension.

Heri Komala, Technical Service Division PT Hino Motors Sales Indonesia mengatakan, air suspension memang punya kelebihan daripada per daun dalam hal kenyamanan.

"Sistem suspensi udara mempunyai tingkat kenyamanan yang lebih tinggi dibandingkan per daun. Penyebabnya, gerakan air suspension sangat lembut dan bahkan tidak berisik," ucap Heri kepada Kompas.com, Senin (12/12/2022).

Tapi di balik hal tersebut, kekurangan dari suspensi udara adalah harganya yang lumayan mahal. Bisa dibandingkan, harga sasis bus dengan air suspension dan per daun cukup tinggi, bisa sampai ratusan juta Rupiah.

"Minusnya, harganya lumayan mahal dan per perawatan yang lumayan," ucap Heri.

Namun pada akhirnya, penumpang yang diuntungkan karena bisa menaiki bus yang nyaman untuk perjalanan jauh. Tapi, suspensi udara juga ada yang nyaman dan kurang, seperti yang dikatakan Yulius Jatmiko, Sekjen BusMania Community.

"Boleh dibilang lebih nyaman, kalau pakai air suspension. Terutama air suspension yang built in, asli bawaan sasis bukan made in karoseri," ucap Yulius.

Memang beberapa karoseri masih ada yang menambahkan air suspension pada sasis yang semula menggunakan per daun. Jadi ubahan tersebut dilakukan di karoseri, bukan dari pabrikan sasis.

"Belum tentu yang made in karoseri itu nyaman, kadang malah limbung. Tapi kalau bawaan sasis, bisa dibilang lebih nyaman," ucap Yulius.

Menurut Yulius, kalau bus dengan suspensi udara membuat bantingannya lebih halus. Tapi kalau racikan karoseri ada saja yang bagus hasilnya, namun ada juga kemungkinan tetap terasa limbung.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/12/141559215/ini-kelebihan-bus-yang-pakai-air-suspension

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke