Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Ketika Penumpang Transjakarta Turun di Tol dan Pilih Jalan Kaki karena Macet | Sleeper Bus Cocok untuk Perjalanan Jarak Dekat

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa titik di Jakarta mengalami kemacetan setelah diguyur hujan deras pada Kamis (6/10/2022). Sejumlah kawasan bahkan tergenang banjir hingga tidak bisa dilewati oleh pengguna kendaraan bermotor.

Tak hanya di jalan raya, jalan bebas hambatan (Jalan Tol) juga terdampak kemacetan parah imbas dari hujan deras.

Seperti salah satu momen yang dibagikan oleh akun Tiktok bernama momjess. Dalam rekaman itu, memperlihatkan tayangan sejumlah penumpang yang sedang berada di dalam bus TransJakarta.

Sementara itu, karoseri pembuat bodi bus di Indonesia membuat inovasi dengan menghadirkan bus sleeper. Pertama ada Karoseri Laksana dengan Suites Class, lalu Adiputro dengan Dream Coach, dan Tentrem memakai nama Priority.

Bus tersebut pada dasarnya diisi dengan kabin individual disusun bertingkat. Selain itu, model bangku yang digunakan punya sandaran kaki panjang serta sandaran yang bisa direbahkan sampai 150 derajat.

Bisa dibilang, model sleeper saat ini menjadi salah satu bus yang paling nyaman dan private. Selain itu, berbagai PO mulai menghadirkan bus kelas sleeper ini untuk armadanya.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat, 7 Oktober 2022.

1. Ketika Penumpang Transjakarta Turun di Tol dan Pilih Jalan Kaki karena Macet

Berdasarkan keterangan video tersebut, dijelaskan bahwa pengunggah terjebak macet di Tol Jagorawi (Exit Tol Cibubur) lebih kurang selama 2 jam.

Akibat kemacetan yang parah, perekam video dan penumpang lainnya pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

“For the first time jalan kaki di tol gara-gara bener-bener stuck dua jam buat keluar exit tol,” ucap wanita yang merekam video tersebut.

2. Sleeper Bus Cocok untuk Perjalanan Jarak Dekat

Yohan Wahyudi, Director Karoseri Tentrem mengatakan, memang pasar sleeper bus saat ini sedang banyak diminati. Tetapi, ada beberapa pertimbangan di mana bus ini cocok atau tidak melayani rute tersebut.

"Kalau jarak tempuhnya terlalu jauh, saya rasa malah enggak enak (pakai bus sleeper). Misalnya kalau 20 jam ke atas, kita tidur terus kan enggak enak," ucap Yohan di Jakarta, Rabu (5/9/2022).

Saat ini, bus dengan perjalanan lebih dari 20 jam bisa dari Jakarta menuju Bali atau Jakarta ke berbagai kota di Sumatera. Menurut Yohan, bus sleeper lebih enak dipakai untuk trayek sedang, sekitar 10 jam perjalanan.

3. 50 Persen Masyarakat Indonesia Malas Bayar Pajak Kendaraan

Membayar pajak kendaraan merupakan bagian penting yang harus dilakukan setiap pemilik kendaraan. Namun, masih banyak pemilik kendaraan di Indonesia yang abai atau tidak membayar pajak.

“Berdasarkan data, tingkat kepatuhan masyarakat Indonesia hampir 50 persen lebih para wajib pajak itu lost atau tidak bayar pajak. Itu artinya 50 persen kendaraan yang berada di jalan raya tidak bayar pajak,” kata Direktur Registrasi dan Identifikasi Brigjen Pol. Yusri Yunus dikutip dari lama ntmcpolri, Jumat (7/10/2022).

Untuk itu mengatasi permasalahan abainya mayarakat dalam membayar pajak kendaraan, Korlantas Polri mengusulkan adanya penghapusan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN2) dan pajak progresif kendaraan.

4. Honda Jazz di Jepang Dibekali Mesin yang Lebih Bertenaga

Usai diperkenalkan beberapa waktu lalu, Honda akhirnya meluncurkan Fit atau Jazz facelift secara resmi di Jepang.

Mobil hatchback dari Honda ini tampil dengan desain yang lebih sporty berkat adanya sentuhan baru. Kehadiran versi penyegaran dari Jazz facelift yang tak lagi dipasarkan di Indonesia juga dilengkapi dengan munculnya tipe RS.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (7/10/2022), Honda Fit di Jepang sebelumnya hadir dengan tiga trim yaitu Basic, Home, Luxe, Crosstar. Namun, kini dilengkapi dengan trim RS yang tampil lebih sporty dengan mesin yang lebih bertenaga.

5. Waspada, Ini Daftar 17 Ruas Jalan Terendam Banjir di Jakarta

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta pada Kamis (6/10/2022) siang hingga malam hari, telah menyebabkan banjir yang menggenangi beberapa ruas jalan di Ibu Kota.

Untuk menghindari genangan sekaligus kemacetan di sekitar lokasi, pengemudi mobil maupun motor harus bersiap mencari jalan alternatif.

Bahkan, BMKG pun telah memprediksi cuaca hari ini, Jumat (7/10/2022), akan kembali hujan disertai angin dan petir.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/08/065026515/populer-otomotif-ketika-penumpang-transjakarta-turun-di-tol-dan-pilih-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke