Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sudah Tahu Bagaimana Cara Sederhana Memeriksa Oli Pakai Dipstick?

JAKARTA, KOMPAS.com – Memeriksa oli mobil merupakan hal yang wajib dilakukan bagi setiap pemilik mobil. Bukan hanya dari lampu indikator, memeriksa ketersediaan oli mobil juga bisa menggunakan alat bernama dipstick.

Dipstick merupakan batangan besi berbentuk pipih yang umumnya disematkan oleh pabrikan mobil di sudut tabung oli mesin mobil. Untuk memeriksa ketersediaan oli, dipstick hanya perlu dicelupkan di wadah oli.

Namun, masih banyak yang keliru dan tidak tepat saat menggunakan alat ini. Alhasil, pemeriksaan oli menjadi tidak akurat.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa menggunakan dipstick sebenarnya mudah.

“Caranya mudah, dipstick oli biasanya berwarna kuning, tarik dipstick-nya sampai terlepas dari wadah oli. Nanti akan terlihat batasan ketinggian level oli atas dan bawah,” kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Keberadaan dipstick sebenarnya mudah dilihat begitu membuka kap mesin mobil. Biasanya, ujung dipstick berwarna kuning tertancap di area sekitar tabung oli.

Jika dipstick telah tercabut, bersihkan ujung bawah dipstick dengan menggunakan lap atau tissue. Cara ini agar indikator yang berada di dipstick tidak terhalang. Dengan begitu, lebih mudah digunakan untuk mengukur ketersediaan oli.

“Setelah bersih, masukan dipstick kembali sampai masuk dengan sempurna, lalu diangkat kembali, dan akan terlihat oli yang menempel pada dipstick itu di level mana, kalau level bawah artinya perlu adanya penambahan oli,” kata Didi.

Indikator volume oli pada dipstick dibagi menjadi tiga level, yaitu bila setelah dipstick dimasukkan dan ditarik, oli menempel pada level paling bawah, artinya volume oli sudah berkurang drastis. Maka dari itu, pemilik kendaraan dianjurkan untuk mengecek ke bengkel.  Posisi oli yang normal itu ada di tengah-tengah indikator dipstick. 

Kemudian, yang harus diperhatikan, mobil harus diparkir di tempat yang rata. Cara ini lebih akurat dalam menggunakan dipstick agar ketersediaan oli yang berada di dalam tabung tidak miring.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/06/112200815/sudah-tahu-bagaimana-cara-sederhana-memeriksa-oli-pakai-dipstick

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke