Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

90.000 Orang Bikin SIM via Aplikasi Sinar

JAKARTA, KOMPAS.com – Aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) telah meluncur sejak awal 2021. Sejak itu, proses bikin SIM menjadi lebih cepat, khususnya dalam memperpanjang masa berlaku.

Sebab, dengan aplikasi tersebut, pemohon cukup mengunduh aplikasi ini di Playstore atau App Store dari telepon seluler.

Kombes Tri Julianto Djatiutomo, Kepala Subdit SIM Ditregident Korlantas Polri, mengatakan, jumlah pemohon perpanjangan masa berlaku SIM online melalui aplikasi online Sinar Korlantas Polri terus meningkat sejak diresmikan.

"Dari tanggal 13 April sampai 12 Oktober 2021 kita sudah memproduksi SIM sebanyak 97.417 melalui aplikasi Sinar," ujar Djati dalam keterangan tertulis (14/10/2021).

Djati menambahkan, dari jumlah tersebut, perpanjangan SIM A berjumlah 34.411 pemohon. Sementara untuk SIM C sebanyak 63.006 pemohon.

Pada sistem tersebut terlihat adanya peningkatan jumlah kepuasan terhadap pelayanan publik, terutama di bidang perpanjangan masa berlaku SIM secara online.

Menurut dia, aplikasi Sinar dapat membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebab, masyarakat tidak perlu berkerumun dalam antrean perpanjangan masa berlaku SIM di Gerai, Satpas, ataupun SIM keliling.

Selain itu, SIM online ini bisa mencegah praktik percaloan di mana pun lantaran petugas di lapangan tidak bersentuhan dengan para pemohon.

Tak ketinggalan, biaya perpanjangan SIM pun sama dengan mengurus di kantor SIM, yakni Rp 75.000 untuk SIM C dan Rp 80.000 untuk SIM A.

Adapun soal pembayaran bisa dilakukan secara digital lewat transfer bank, baik lewat ATM, mobile banking, maupun yang sudah berbasis virtual account.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/15/082200315/90000-orang-bikin-sim-via-aplikasi-sinar

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.