Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Gandeng Hyundai untuk Produksi Apple Car

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor mengkonfirmasi pembicaraan dengan Apple untuk potensi produksi Apple Car.

Rumor tentang Apple Car memang sudah terdengar dalam beberapa minggu terakhir. Nampaknya Apple memang sedang melakukan pembicaraan dengan produsen mobil untuk memproduksi mobil listrik pertamanya.

Dilansir dari 9to5mac, Jumat (8/1/2021), menyusul laporan dari situs Korea Hankyung, Hyundai mengonfirmasi bahwa pihaknya melakukan diskusi awal dengan Apple tentang produksi mobil barunya.

Laporan asli dari situs Korea Selatan mengklaim bahwa Apple telah bernegosiasi dengan Hyundai Motor untuk memproduksi Apple Car yang sudah lama dirumorkan.

Kabarnya, Hyundai akan membantu Apple memproduksi kendaraan listriknya dan mengembangkan baterai khusus yang akan menggerakkan Apple Car.

Menurut Hankyung, pengembangan komponen Apple Car akan dilakukan di salah satu fasilitas Hyundai Motors di Amerika Serikat.

Laporan itu juga menguatkan apa yang sudah dikatakan Bloomberg sebelumnya tentang Apple Car yang kemungkinan akan di produksi 5 hingga 7 tahun lagi, karena mobil itu diklaim akan diperkenalkan pada 2027.

Kabar ini juga sudah dikonfirmasi oleh Hyundai melalui CNBC. Meski telah melewati beberapa proses, pihak Hyundai mengatakan bahwa diskusi masih dalam tahap awal.

“Kami memahami bahwa Apple sedang berdiskusi dengan berbagai produsen mobil global, termasuk Hyundai Motor. Karena diskusi masih pada tahap awal, belum ada yang diputuskan,” ujar perwakilan perusahaan yang dikutip dari CNBC.

Ini bukan pertama kalinya rumor menyebutkan bahwa Apple akan mengandalkan mitra untuk memproduksi mobil listrik sendiri.

Sebab perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat, tersebut belum memiliki fasilitas yang siap untuk membuat mobil.

Tahun lalu, Reuters melaporkan bahwa produksi Apple Car diharapkan akan dimulai pada 2024 dengan terobosan teknologi baterai yang menawarkan jangkauan yang lebih jauh dan juga biaya yang lebih rendah.

Masih belum jelas kapan Apple akan meluncurkan Apple Car, namun tampaknya perusahaan masih mengerjakannya dengan rencana yang konsisten untuk memperkenalkannya sebelum dekade berikutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/08/140100515/apple-gandeng-hyundai-untuk-produksi-apple-car

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke