Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Impresi Futuristik Kabin Kia Sonet

JAKARTA, KOMPAS.com - Selesai dengan tampilan luar, giliran mengulik bagian kabin Kia Sonet. Pertama kali membuka pintu, kesan sporty dari interior bernuansa gelap langsung menjadi sajian utama.

Pada dasbor, terdapat ragam fitur dan fungsi yang disajikan dengan layout driver oriented. Hal tersebut tak lain guna memanjakan pengendara.

Dengan tatanan ergonomis melalui penempatan ragam tombol fungsi yang mudah digapai, pengendara akan lebih dimudahkan. Mulai dari pengaturan audio dan cruise control pada lingkar kemudi, tombol start-stop engine, sampai layar speedometer yang bisa menampilkan informasi seputar kendaraan.

Seperti diketahui, Kia Sonet hadir sebagai SUV bertubuh compact. Otomatis, kabinnya tak sebesar SUV tujuh penumpang. Untungnya terdapat sunroof pada varian tertinggi yang minimal bisa memberikan kesan lapang sekaligus mewah.

Merasakan duduk di baris pertama, untuk ukuran orang dewasa dengan tinggi badan 168 hingga 170 cm tidak ada masalah. Baik ruang kaki dan kepala masih cukup lapang.

Sementara untuk baris kedua, kondisinya bisa dibilang cukup lumayan. Artinya, selama penumpang depan bisa menjaga jarak jok, maka ruang kaki penumpang dewasa di baris belakang masih aman.

Untuk head room juga masih terasa lapang. Meski memiliki atap yang tak terlalu tinggi, tapi penupang masih bisa nyaman, apalagi didukung dengan desain jok yang dibuat tidak terlalu tegak.

Sayangnya, fitur ini hanya bisa dinikmati untuk pengendara dan penumpang pada baris pertama, sementara penumpang belakang tidak ada.

Hal ini memang dilema dan menjadi poin kekurangan Sonet, apalagi ventilasi AC baris kedua letaknya hanya ada pada bagian tengah bawah. Sehingga ketika membawa tiga penumpang, udara sejuk kurang terasa.

Dari segi hiburan, Kia sudah melengkapi Sonet dengan instalasi sistem audio keluaran Bose. Secara kualitas, olahan suara dari head unit layar sentuh 8 inci yang sudah bisa terintegrasi dengan Apple Car Play serta Andorid Auto pasti terjamin kualitasnya.

Menariknya lagi, Sonet memiliki fitur LED Sound Mood Light yang diletakan pada pintu bagian baris pertama. Fitur tersebut memungkinkan cahaya LED mengikuti dentuman suara dari audio layaknya sebuah ruang disko.

Sebagai varian termewah, Kia Sonet Premiere iVT juga sudah dibekali dengan wireless charging guna memudahkan pengendara melakukan pengisian daya gawai tanpa kabel. Untuk power outlet tetap disediakan baik pada baris pertama dan kedua.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/06/094200315/impresi-futuristik-kabin-kia-sonet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke