Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Volume Kendaraan Meningkat, Polisi Terapkan Contraflow di Tol Dalam Kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat volume lalu lintas di sejumlah wilayah Ibu Kota pada hari pertama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi meningkat hingga 13 persen.

Hal ini sejalan dengan dibukanya berbagai sektor industri dan bisnis usai operasinya dihentikan sementara selama dua bulan belakangan guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

“Iya, volume kendaraan pada Senin (8/6/2020) lebih padat dari hari biasanya. Belum dipastikan pastinya, perkiraan saya sampai 8-13 persen (kenaikannya)," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis, Selasa (9/6/2020).

Pernyataan ini sesuai dengan hasil peninjauan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di mana pada hari pertama pembukaan kantor lonjakkan kendaraan pribadi sangat signifikan.

"Sejauh ini jumlah penumpang kendaraan umum masih rendah, bisa dibilang tidak padat. Lalu lintas lebih padat karena banyak yang menggunakan kendaraan pribadi," kata Anies

Dalam upaya mengurai kepadatan tersebut, Ditlantas Polda Metro Jaya menyebut telah melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Salah satunya yakni memberlakukan kembali contra-flow di Tol Dalam Kota.

“Contra flow di toll kota dari arah Cawang menuju Semanggi diaktifkan lagi, (untuk jalur arteri) penempatan personel lalu lintas tetap ada di lapangan, tidak pernah ditarik,” ujar Sambodo.

Tak lupa, para petugas juga kerap mengaktifkan pos pengawasan PSBB untuk menjamin para pengendara mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan lain sebagainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/09/120200515/volume-kendaraan-meningkat-polisi-terapkan-contraflow-di-tol-dalam-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke