Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Arus Balik Mulai Padati Cikarang Utama

Kompas.com - 29/06/2017, 07:01 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Jasa Marga (Persero) memperkirakan puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada H+3 atau Kamis (29/6/2017). Kemungkinan besar akan terjadi penumpukan pada gerbang tol Cikarang Utama sejak pagi hari.

Baca : Ingat, Arus Balik Lebih Rawan Kecelakaan

Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur, mejelaskan prediksi ini diambil dengan melihat kondisi serta tren kenaikan dari sejak Lebaran kedua (26/6/2017).

"Faktornya banyak hal, seperti pertemuan arus silaturahmi, arus liburan, juga dampak dari para pemudik jarak dekat. Cikarang Utama menjadi pintu utama masuk ke Jakarta dan daerah lain, dan yang pasti pemudik mencoba menghindari pembatasan larangan truk yang akan di non-aktifan pada 30 Juni (Jumat) mendatang," ucap Subakti saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (28/6/2017).

Menurut Subakti, selain hari Kamis, tren kenaikan juga akan kembali terjadi pada hari Minggu (2/7/2017). Hal ini dikarenakan masa kerja yang akan dimulai pada Senin (3/7/2017) mendatang, sehingga ada sebagian pemudik yang memilih lebih lama di kampung halaman.

GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com Pintu Tol Cikarang Utama

"Bila dibandingkan dengan tahun lalu, periode libur lebih panjang tahun ini sehingga mungkin terjadi penyebaran arus balik. Artinya kemungkinan gelombang arus balik bisa terjadi dalam dua hari," kata Subakti.

Baca : Kerasnya Perjuangan Arus Balik, ini Antisipasinya

Guna mengantisipasi gelombang arus balik, Jasa Marga juga sudah memiliki beberapa langkah yang akan diterapkan. Mulai dengan optimalisasi tambahan gardu hingga 30 pintu, contraflow dibeberapa ruas jalan, sampai pengalihan arus melalui gerbang Cikarang Barat 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com