Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Arus Balik Aman dari Menhub

Kompas.com - 27/06/2017, 15:03 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengimbau pemudik kembali ke Jakarta sebelum H+3 atau pada Kamis (29/6/2017). Hal ini untuk mencegah terjadinya kemacetan akibat mulai beroperasinya kendaraan angkutan barang atau truk pada Jumat (30/6/2017) mendatang.

Baca : Waspada Arus Mudik Mulai Telan Korban Jiwa

“Saya himbau kalau bisa pulang ke Jakarta sebelum atau tanggal 29. Tanggal 30 nanti, truk sudah mulai beroperasi kembali, kami sudah meniadakan atau membatasi truk tertentu untuk tidak beroperasi dalam 8 hari, jadi tidak mungkin kita memperpanjang pembatasan truk tersebut,” ucap Menhub dalam siaran resminya, Senin (26/6/2017).

Menurut Menhub, prediksi puncak arus balik akan tersebar mulai H+2 Rabu (28/6/2017). Namun bila diperhatikan hari favorit bakal terjadi pada Sabtu (1/7/2017) dan Minggu (2/7/2017). Agar tidak terlalu lelah dan bisa punya waktu banyak beristirahat, diharapkan pemudik bisa memanfaatkan momen larangan operasioal truk.

“Kalau saya pikir harus disebar mulai hari Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu sampai Minggu. Jadi katakan jika ada 100.000 dalam satu hari itu daya dukung jalan tidak cukup. Tapi kalau kita bagi menjadi lima hari, jadi 20.000 per hari itu akan lebih baik,” ujar Menhub.

Febri Ardani/Otomania.com Jalur keluar Tol Fungsional Brebes-Weleri yang berada di Gringsing, Batang, Semarang.

Meski demikian, Menhub tetap memprediksi peningkatan volume kendaraan akan terjadi mulai H+3 atau Kamis mendatang. Beberapa langkah penangan serta rekayasa lalu lintas juga kembali disiapkan untuk mencegah terjadinya penumpukkan kendaraan di beberapa titik arus balik.

“Evaluasinya kita harus lihat secara menyeluruh, saya menduga H+3 atau H+4 sudah arus balik. Jadi kita menyelesaikan hari ini dan besok untuk arus mudik tapi H+4 antara yang mudik dan balik sudah mulai sama. Kita akan membuat suatu estimasi bersama Kakorlantas dan Kemen PUPR tentang mekanismenya seperti apa dan alur mana yang akan dipertahankan,” kata Menhub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com