Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Thunder 250 Berlabel "Sayang Istri"

Kompas.com - 05/06/2017, 12:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Selain Yamaha Scorpio dan Honda Tiger, Suzuki Thunder 250 juga menjadi salah satu sepeda motor favorit untuk dikustom. Secara perawakan, sasis dan kaki-kakinya sudah cukup kekar, selain itu kapasitas mesin sudah cukup besar, tidak perlu repot soal tenaga.

Salah satu builder yang memanfaatkan Thunder 250 menjadi karya menarik adalah M Faizal dari workshop Wander Machine. Dengan tema cafe racer, karya Faizal menjadi salah satu yang banyak menarik perhatian dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 beberapa waktu lalu.

Baca : Honda Tiger Sintal Bergaya "Cafe Racer"

Meski memiliki gaya cafe racer, tapi Faizal memberikan beberapa bumbu tambahan agar konsepnya makin matang dan beda dengan lainnya. Salah satunya bisa dilihat dari permainan alumunium yang dipadukan dengan plat besi hampir pada seluruh sektor motor.

Stanly/KompasOtomotif Dilengkapi dengan detail unik permainan alumunium dan plat besi

Dari data modifikasi yang ditampilkan, nampak Faizal melakukan rombakan kustom hampir di tiap sisi Thunder lansiran 2001 ini. Mulai dari sasis, tangki, tempat duduk, ornamen pemanis, struktur kaki-kaki, bahkan sampai mesin.

Ubahan sasis bisa dilihat dari dimensi panjangnya yang sudah dipangkas lebih kompak. Proses pemotongan bila diperhatikan mulai dari subframe sektor tengah, hingga belakang yang kemudian diracik ulang menggunakan pipa berdimensi 22 mm, agar mendapat dudukan yang landai serta terlihat makin padat.

Penguatan sektor kaki-kaki fokus pada dimensi roda dan ban. Agar padat, Faizal memilih pelek jari-jari 16 inci dengan ban besar. Uniknya, tabung sok depan dipenuhi dengan permainan seni unik yang serasi dengan grafis alumunium dibeberapa sisi.

Stanly/KompasOtomotif Detail unik pada Suzuki Thunder 250 Sayang Istri

Urusan wadah bahan bakar, alias tangki mengambil dari Suzuki A100 yang mendapat sedikit sentuhan baru agar perpadu dengan jok single seater. Sedangkan di belakang dibuat hornet atau buntut tawon khas cafe racer.

Baca : Evolusi Suzuki Inazuma Jadu "Tracker" Harian

Kolaborasi alumunium dan plat besi yang mejadi sentuhan terunik yang bisa dilihat mulai dari batok lampu depan, cover tangki, cover samping, sampai buritan belakang. Bukan sembarang tempelan, namun ada permainan layer yang membuatnya terlihat seperti grafis, contohnya pada bagian cover samping yang bertuliskan "Sayang Istri".

Stanly/KompasOtomotif Suzuki Thunder 250 Sayang Istri

Detail pengerjaan yang dilakukan cukup signifikan, bahkan sampai sektor knalpot juga dibuat unik. Menariknya lagi, agar tenaga makin terasa, maka kapasitas mesin sudah ditingkatkan menjadi 300 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com