Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM dan Yamaha Ibarat Hitam dan Putih

Kompas.com - 06/04/2017, 12:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorsport

Termas de Rio Hondo, KompasOtomotif – Pebalap KTM MotoGP Pol Espargaro mengatakan bahwa RC16 yang saat ini ditungganginya ibarat ”hitam dan putih” jika dibandingkan dengan motor-motor Yamaha yang sudah pernah dia intimi sebelumnya.

Espargaro gabung dengan KTM mulai musim ini, meninggalkan tim satelit Yamaha Tech3, bersama dengan mantan rekan setimnya dulu, Bradley Smith.

Keduanya menemukan bahwa RC16 butuh pengendaraan dengan gaya yang lebih physical ketimbang Yamaha. Motor barunya itu memang dirancang tidak untuk menang saat ini, tetapi lebih ke pengembangan untuk masa depan.

Pada seri pembuka musim 2017, kedua pebalap finish di urutan 16 dan 17. Espargaro mengatakan bahwa KTM yang lebih agresif (ketimbang Yamaha) sebenarnya cocok dengan gaya berkendara yang dia punyai. Keputusan pindah pun dirasa tepat.

”Buat saya, RC16 lebih mudah dikendarai ketimbang Yamaha. Masalah satu-satunya yaitu kami lambat. Sepeda motor masih lambat meski sedang bergetar (kiasan menggambarkan bahwa motor sudah dalam performa maksimal). Kami tidak bisa ambil keuntungan dari sini,” kata Espargaro.

Sangat berbeda dengan karakter Yamaha. Espargaro mengatakan bahwa saat memacu KTM dengan lebih agresif, pebalap akan bisa mendapat waktu terbaik. Kebalikannya, saat menunggangi Yamaha, pebalap harus memperlakukan sepeda motor dengan sangat halus agar memperkecil catatan waktu.

”Filosofinya hitam dan putih. Tapi ini hanya permulaan, RC16 belum punya kepribadian. Kami sedang membangun itu. Karakternya sudah kami ketahui, tingal menunggu hasil pengembangannya,” kata Espargaro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com