Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rata-Rata Konsumsi BBM GLA 200

Kompas.com - 13/09/2016, 16:22 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif –Pada ajang Mercedes-Benz Urban Hunting x Ultra Singapore 2016, Jumat (9/9/2016), KompasOtomotif berkesempatan untuk menjajal GLA 200 terbaru melalui rute Kuala Lumpur-Melaka-Singapura. Perjalanan yang jarak tempuh lebih dari 400 km ini tidak disia-siakan untuk mengetahui kemampuan mesin GLA terutama dalam konsumsi bahan bakar.

Perjalanan dimulai dari diler Mercedes-Benz di Kuala Lumpur pukul 9 pagi. Jalanan yang dilalui adalah tol serta area perkotaan yang dipadati dengan kendaraan. Cuaca hujan juga membuat kondisi jalan cukup ramai dengan kendaraan yang bergerak lamban.

Menuju Melaka, kota di bagian selatan Malaysia, perjalanan praktis melalui jalan tol yang lapang dan tanpa hambatan. Beberapa kali mode pengendaraan yang disediakan GLA 200, Sport, Comfort dan Eco di coba bergantian.

Memasuki kota kendaraan bergerak perlahan karena kemacetan. Kondisi stop and go membuat fitur automatic start stop berfungsi setiap kendaraan berhenti. Setelah makan siang, rombongan melanjutkan perjalanan ke Singapura.

Dalam perjalanan ke kota Singa, mode sport lebih banyak digunakan. Jalan tol antar negara bagian Malaysia menjadi tempat untuk menguji performa mesin 1.595 cc 4 segaris GLA 200. Kondisi cuaca hujan membuat kecepatan GLA 200 dibatasi hingga 160 kpj.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 8 jam, rombongan tiba di kawasan Marina Bay Singapore tempat menginap. Kondisi jalan yang beragam seperti tol, jalur kota, stop and go, pengendaraan agresif, santai, cukup mewakili pengetesan GLA 200. Melalui layar informasi MID di meter cluster didapat konsumsi rata-rata mobil kompak ini adalah 8,3 liter / 100 km atau sekitar 12,05 kpl. Kecepatan rata-rata yang ditempuh adalah 53 kpj.

Otomania/Setyo Adi Mercedes-Benz Urban Hunting x Ultra SIngapore. Hasil pengetesan GLA 200 lintasi dua negara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com