Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayang, Desainer MPV Mitsubishi Bukan dari Indonesia

Kompas.com - 11/08/2016, 11:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifWorld Premiere Mitsubishi XM Concept dilakukan di tanah Indonesia. Versi produksinya bakal lahir di dalam negeri dan masuk di segmen yang paling digemari masyarakat di seluruh Tanah Air, yaitu low MPV.

Jelas sekali produk baru Mitubishi itu spesial buat Indonesia. Namun sangat disesali, keterlibatan orang lokal sangat minim dalam pengembangannya.

“Saat ini sayang sekali kami belum melibatkan desainer dari Indonesia tapi kami tahu banyak sekali sekolah desain di Indonesia. Mitsubishi berencana untuk menghubungi mereka pada pengembangan produksi lebih lanjut,” kata Tsunehiro Kunimoto, Corporate General Manager of Design Office Mitsubishi Motors Corporation, di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Selama bertahun-tahun ke belakang Mitsubishi menjelaskan sudah melakukan riset seputar kebutuhan masyarakat tentang kendaraan multiguna. Hasilnya dikirim ke pusat riset dan pengembangan di Jepang. Selain Jepang, desain XM Concept juga dikembangkan desainer Mitsubishi di Jerman.

Kontribusi Indonesia, seperti dielaborasi Produk Executive MMC Ryo Ashikawa datang dari perusahaan lokal yang ditunjuk untuk melakukan pengetesan di dalam negeri. Datanya juga dibawa ke Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com