Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Ingin Ekspor Sigra seperti Wigo

Kompas.com - 03/08/2016, 08:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Produk Low Cost Green Car (LCGC) terbaru dari Astra Daihatsu Motor (ADM), Sigra dan Toyota Calya, dirancang khusus buat masyarakat Indonesia. Meski begitu, ADM juga membaca peluang menjadikannya produk ekspor seperti yang sudah dilakukan pada Toyota Wigo.

Zulkifli BJ Di Filipina Agya atau Ayla diberi nama Wigo

Wigo merupakan nama lain Agya yang dijual di Filipina. Basisnya menggunakan model pelopor kelas LCGC, Daihatsu Ayla.

“Saat ini (Sigra dan Calya) domestik, kami pun melihat peluang ekspor sama seperti Ayla-Agya yang awalnya domestik tetapi ternyata Filipina membutuhkan. Lalu dijualah dengan nama Toyota wigo,” ucap Presiden Direktur ADM Sudirman MR, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).

Sigra dan Calya diproduksi di pabrik milik ADM di Karawang, Jawa Barat, berkapasitas terpasang 200.000 unit per tahun. Selama ini pabrik itu sudah melahirkan Ayla/ Agya serta sebagian Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.

Sudirman menjelaskan, setidaknya kedua model itu diproduksi 6.000 – 7.000 unit per bulan. Angka itu seluruhnya buat memenuhi pasar nasional, belum ada penjelasan ke negara mana peluang ekspor serta kapan bakal terealisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com