Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Perdana Produksi Pintu Geser di Indonesia

Kompas.com - 26/07/2016, 10:32 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain memproduksi mesin, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga melokalisasi komponen penting lainnya di tubuh Sienta, yaitu sistem Power Sliding Door (PSD). Komponen yang dibuat salah satu dari 27 perusahaan pemasok dalam negeri rekanan TMMIN itu merupakan poin penting yang bikin kandungan lokal Sienta bisa diklaim 80 persen.

“Pertama di Indonesia, kami bisa lokalisasi pintu geser,” kata Yui Hastoro Direktur Teknik TMMIN, selepas acara peresmian produksi Sienta di Plant II TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Senin (26/7/2016).

Produsen PSD buat TMMIN adalah PT Aisin Indonesia. Perusahaan itu merupakan buah kerja sama pemasok suku cadang terbesar di Indonesia, Astra Otoparts Tbk, dengan produsen suku cadang terbesar ketiga di dunia Aisin Seiki Co. Ltd (Jepang).

Istimewa Andien dengan Toyota Sienta
Semua varian Sienta memiliki pintu geser. Catatannya, PSD ada pada kedua pintu tengah varian V dan Q, sementara varian terbawah, G, hanya ada pada pintu kiri. PSD itu memiliki sensor pengaman, jadi pintu akan berhenti otomatis ketika menutup jika disadari ada objek yang berpotensi terjepit.

Yui memaparkan belum semua sistem PSD sudah lokal, namun kandungan lokalnya bisa ditingkatkan menjadi 60 persen berkat Aisin Indonesia. Salah satu komponen yang masih diimpor yakni motor elektrik.

Daftar komponen PSD Sienta produksi Aisin Indonesia:
Front lock
Door lock
Remote Control with inside handle
Upper rail
Upper roller
Center rail
Center roller
Lower rail
Lower roller
Half open control
Closer action
Half open Stopper
PSD power unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com