Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Bangkok

Curhat SPG Seksi di Bangkok Motor Show 2016

Kompas.com - 28/03/2016, 08:03 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif — Pameran otomotif identik dengan hadirnya wanita cantik nan seksi yang berdiri di samping kendaraan bermotor. Mereka tidak hanya menjadi pemanis atau penggoda, tetapi mampu menjelaskan produknya.

Ketika KompasOtomotif berkesempatan jadi salah satu pengunjung di gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS), Selasa (21/3/2016), fakta ini terungkap. Bahkan, boleh dibilang, wanita-wanita cantik yang ada di pameran ini terasa lebih berani menunjukkan kemolekan tubuhnya ketimbang di Indonesia.

Pakaian minim, belahan dada, juga paha, seolah menjadi "dress code" tiap-tiap model atau sales promotion girl (SPG) yang mejeng di sisi kendaraan. Pose sensual juga bukan tabu untuk dijadikan andalan ketika lensa kamera membidik.

KompasOtomotif kemudian memberanikan diri untuk berbicara dengan salah satu wanita cantik pekerja yang ikut dalam pameran ini, yang berjuluk "pretty". Sebagian besar bisa dibilang tidak lancar berbahasa Inggris, tetapi ada beberapa juga yang fasih.

Namanya Tapon. Wanita berambut coklat, ikal, nan tebal ini menyambut dengan senyuman manis. Selama kami berbicara, Tapon juga menyampaikan curhat soal pengalamannya menjadi SPG di BIMS. Salah satu hal yang dikhawatirkannya adalah citra buruk yang melekat pada profesinya sebagai model.

Meski hanya beritikad untuk ramah ke semua pengunjung, ada saja godaan para lelaki "berhidung belang" yang jadi santapannya selama bekerja.

"Sudah pasti, setiap tahun mengikuti pameran ini, ada saja lelaki yang mencoba menggoda atau merayunya," kata Tapon kepada KompasOtomotif, dalam BIMS 2016, Selasa (22/3/2016).

Aditya Maulana, KompasOtomotif Gadis cantik nan seksi di BIMS 2016.

Meski ada saja tekanan dalam profesinya, hal itu tidak lantas mematahkan semangat dara cantik ini untuk bekerja profesional sebagai pretty. Tapon mengatakan, setiap profesi punya risiko masing-masing, tinggal bagaimana si pekerja mampu melihatnya dari sisi positif, bukan negatif.

Gaji bulanan

Bicara penghasilan, Tapon mengaku, gaji yang diperolehnya cukup menggiurkan. Sayang, ia masih belum mau buka-bukaan soal gajinya.

"Kami usai pameran ini diberi gaji. Kontraknya pun tidak hanya untuk pameran, tetapi selama satu tahun. Jadi, setiap bulannya, kami mendapatkan gaji per bulan. Nominalnya cukup tinggi," kata Tapon sambil menolak menyebutkan pendapatannya.

Sebelum pameran dimulai atau beberapa bulan sebelumnya, menurut Tapon, ada materi pembelajaran produk. Dengan demikian, saat pameran, dia bisa menjelaskan produk secara detail ketika ditanya oleh pengunjung.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Wanita Cantik nan Seksi di pameran BIMS 2016

"Sebagai contoh, aku berdiri di samping mobil ini, jadi wajib tahu tentang spesifikasi dan lain sebagainya tentang mobil tersebut," ucap Tapon.

Penasaran seperti apa aksi Tapon dan wanita cantik lain dalam gelaran BIMS 2016? Simak di Galeri Foto!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com