Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Karyawan Ford Indonesia Kena PHK

Kompas.com - 25/01/2016, 19:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif — Setelah pabrik satu-satunya General Motors (GM) Indonesia di Bekasi diputuskan berhenti beroperasi pada akhir Juni 2015, kini wakil Amerika Serikat yang lain, Ford Motor Indonesia (FMI), mengumumkan pernyataan resmi, Senin (25/1/2016), akan angkat kaki dari Tanah Air mulai paruh kedua 2016.

Keputusan FMI berdasarkan strategi bisnis perusahaan induk Ford Motor Company (FMC). Menurut keterangan dari Reuters, berdasarkan surat elektronik President Ford Asia Pasific Dace Schoch kepada semua karyawan di regional, Ford keluar dari semua area bisnis, termasuk menutup diler, menghentikan penjualan, dan impor di Indonesia dan Jepang.

“Sayang, ini juga berarti anggota tim kami di Jepang dan Indonesia tidak lagi bekerja untuk Ford Jepang dan Ford Indonesia karena penutupan,” tulis Schoch.

Ford telah hadir di Indonesia sejak 1989, tetapi masih di bawah komando Indonesia Republick Motor Company. FMI diresmikan sebagai agen tunggal pemegang merek pada Juli 2000.

Reuters menyebut total pekerja Ford di Indonesia mencapai 35 orang. Jumlah rekanan diler FMI mencapai puluhan unit yang menjangkau 20 provinsi. Kenyataannya jelas, semua karyawan FMI akan terkena PHK, pertanyaan berikutnya bagaimana nasib konsumen.

Dari data wholesale asosiasi kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), selama 2015 FMI menjual 4.986 unit. Jumlah itu turun lebih dari 50 persen dibanding 2014 yang berhasil mencapai 12.008 unit.

“Di Indonesia, tanpa pabrik lokal ... tidak ada sama sekali yang bisa membuat perusahaan otomotif dapat berkompetisi di pasar itu, dan kami tidak punya pabrik lokal,” kata juru bicara Ford berbasis di Shanghai yang mengonfirmasi kebenaran surat elektronik dari Schoch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com