Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford EcoSport Lepas "Konde" di Eropa

Kompas.com - 03/07/2015, 04:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif – Ford EcoSport berbenah untuk pasar Eropa. Selain tampil klimis tanpa menggendong ban cadangan di pintu belakang, perubahan crossover kompak ini ada di tiga sektor, yakni mesin, kabin, dan kaki-kaki.

Dari sisi fungsional, akses ke bagasi belakang semakin gampang sebab aktivitas buka tutup pintu dipermudah. Hal ini jadi salah satu kompensasi hilangnya “konde” yang selama ini dirasa kurang disukai di Eropa. Bukan hanya itu, penampilan EcoSport sekarang seperti "anak kota" sebab kesan SUV berkurang.

Khusus pilihan mesin 1.5L TDCi EcoSport sekarang dibuat lebih bertenaga, kemampuannya meningkat menjadi 93 tk, naik 3 tk dari sebelumnya. Efisiensi bahan bakar diklaim 22,7 kml dengan emisi 115 g/km.

Di kaki-kaki, per, damper, dan torsion beam belakang telah diganti. Hasilnya bodi EcoSport lebih rendah 10 mm, tapi dengan menurunnya titik pusat gravitasi manuver bisa lebih mantab. Fitur Electronic Stability Control dan power steering telah disesuaikan untuk jalan-jalan Eropa.

Worldcarfans Tidak ada lagi


Dari seluruh perubahan, paling signifikan ada di kabin. Berbagai komponen baru telah disematkan seperti kemudi, tambahan bahan krom di berbagai posisi, dan tuas rem parkir kini direlokasi.

Pada varian tertinggi, Titanium, jok depan kini punya fitur pemanas dan pelapis baru, pemanas kaca depan, dan pemanas spion. Spesifikasi itu diseuaikan dengan kondisi Eropa, lainnya Ford menawarkan kamera parkir dan sistem navigasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com