Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Gelontorkan 5 "Crossover" dalam 5 Tahun ke Depan

Kompas.com - 06/05/2015, 17:47 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif — Laporan terbaru datang dari Inggris, mengungkap bahwa Volkswagen akan merilis tak kurang dari lima crossover baru hingga akhir dekade (2020). Kelimanya sebagian didesain untuk memenuhi kebutuhan pasar Amerika Serikat akan SUV, yang dinilai semakin naik.

Yang dijadwalkan "mendarat" tahun depan adalah crossover besar 7-penumpang. Model ini dikembangkan dari CrossBlue Concept yang sudah dipamerkan di Detroit Motor Show 2013 silam. Mobil ini akan lebih besar dan mahal dari Touareg, menggunakan mesin 4 dan 6 silinder.

Versi 5-penumpang dari CrossBlue menyusul kemudian. Terinspirasi dari CrossBlue Coupe yang dipajang di Shanghai dua tahun lalu, model ini mengakomodasi keinginan pembeli yang lebih suka model sporty. Tipe ini akan mengadopsi platform MQB, serta menggunakan mesin yang sama dengan versi 7-penumpang.

Di bawahnya, ada generasi baru Tiguan yang diperkirakan bakal lebih panjang 10 inci ketimbang versi lama, tetapi tetap masih lebih pendek dari CrossBlue 5-penumpang. Model ini juga berdiri di atas platform MQB, tetapi menawarkan ruang yang lebih lega. Sumber mengatakan, SUV tersebut bakal tersedia dalam pilihan tiga baris kursi untuk mengakomodasi penumpang anak-anak.

Model keempat, Tiguan versi lebih sporty, muncul beberapa saat setelah model reguler dirilis pada 2017. Tidak ada gambaran yang jelas soal SUV ini. Namun, sumber menyebut bahwa desainnya akan lebih radikal, dan bakal ditawarkan dalam model dua baris kursi.

Terakhir, SUV yang akan mengisi segmen lebih kecil, berupa crossover yang dibesarkan dari Polo untuk bersaing dengan Juke dan HR-V. Model ini akan meminjam konsep Taigun, dan akan menjadi andalan untuk beberapa kawasan di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com