Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Mulai Pecat Pekerja di Rusia

Kompas.com - 24/03/2015, 10:20 WIB
Moskwa, KompasOtomotif - Melemahnya perekonomian yang berimbas pada industri otomotif di Rusia, membuat para produsen mengambil langkah tegas. Beberapa pabrikan sudah memutuskan mundur dari Rusia, dan kali ini Volkswagen Group yang melakukan efisiensi.

VW akan memangkas kuota produksi dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sedikitnya 150 pekerja di pabrik VW Moskwa. Langkah ini dilakukan ntuk mengimbangi merosot pasar mobil Rusia.

Pabrik VW yang berlokasi di Kaluga, sekitar 100 km sebelah selatan dari Ibu Kota Rusia, hanya akan beroperasi empat hari dalam seminggu mulai April sampai Juli. Pabrik ini juga akan menghapus satu dari tiga shift mulai Mei mendatang. Kebijakan itu diambil untuk mencegah penumpukan persediaan mobil.

"Pada bulan-bulan pertama 2015 pasar mobil Rusia terus menutun akibat dari melemahnya ekonomi, kenaikan harga yang signifikan dan tingkat bunga yang tinggi. Kami tidak berharap ada perubahan cepat dalam beberapa bulan mendatang," kata VW seperti dikutip Reuters, Rabu (24/3/2015).

Pada tiga bulan pertama di tahun ini penjualan mobil Rusia turun 32 persen. Situasi itu membuat produsen seperti Nissan untuk menghentikan produksi dalam negeri selama 16 hari sepanjang Maret ini. Sementara, General Motors (GM) telah memutuskan untuk menarik merek Opel dari pasar Rusia.

Masih optimis

Meskipun prospek jangka pendek masih suram, VW mengatakan tetap berkomitmen untuk berada di pasar Rusia. Produsen mobil asal Jerman ini akan segera membuka gudang baru dan pabrik mesin.

"Pasar Rusia masih memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan dalam waktu jangka panjang," kata VW dalam sebuah pernyataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com