Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Siapkan "Supercar" Baru di Geneva

Kompas.com - 04/02/2015, 16:47 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber autonews

Geneva, KompasOtomotif - Ferrari menyiapkan supercar baru 488 GTB di Geneva Motor Show, Maret mendatang. Sedan sport ini diciptakan atas permintaan konsumen yang menuntut bahan bakar ekonomis tetapi tidak mengurangi tenaga mesin.

Tuntutan itu memang terdengar bertolak-belakang, tapi Ferrari 488 GTB mencoba mewujudkannya. Mobil ini merupakan pengembangan dari varian California T yang diberi tambahan turbo pada mesinnya. 488 GTB juga sekaligus menggantikan posisi 458 Italia, yang sebelumnya tercatat sebagai model terlaris di pasar.

Ferrari membekali mesin 3.9 liter, turbo ganda, V8, menghasilkan tenaga 660 tk, lebih besar 99 tk ketimbang 458 Italia. Sedan dua penumpang ini mampu dikebut 0-100 kpj hanya dalam tiga detik.

Ferrari Diproduksi dari model California T.

Ferrari terus mengeksploitasi penggunaan turbo pada mesin model-model terbarunya, demi mengejar target memangkas 20 persen emisi gas buang karbondioksida sampai 2021. Dengan memampatkan udara ke dalam silinder, turbo bisa menghasilkan tenaga yang sama, meski dengan kapasitas mesin lebih kecil.

Ferrari mengklaim konsumsi 488 GTB mencapai 11,4 liter per 100 km atau 8,7 kpl dan emisi 260 gram karbondioksida per km. Klaim ini sekaligus menjadi rekor mobil paling irit yang pernah diproduksi Ferrari untuk konsumen umum.

Tahun lalu, Ferrari berhasil menjual 1.284 unit 458 Italia di Eropa saja, hampir setengah dari total penjualan semua model 2.461 unit, menurut data JATO Dynamics. Diharapkan 488 GTB bisa meneruskan sukses 458 Italia. Harga baru akan diumumkan di Geneva Motor Show 2015, Maret dan mulai resmi dijual semester kedua tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com