Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Bisa Muat Banyak, tapi Harus Elegan dan Gaya

Kompas.com - 28/08/2014, 17:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Buat Antonius Dwi Nurhayanto, mobil yang bisa menampung banyak penumpang adalah wajib hukumnya. Selain berfungsi sebagai people mover, mobil juga fleksibel untuk mengangkut segala sesuatu karena kabin yang luas. Itulah sebabnya, dirinya menjatuhkan pilihan pada Toyota Avanza lansiran 2011.

”Sudah lama saya ingin beli Avanza. Saat itu saya belum tahu kalau bakal ada versi baru di akhir 2011. Makanya saya dapat model lama. Tapi tak apa, saya justru semakin leluasa mendandaninya supaya lebih manis dan tetap mengikuti perkembangan terkini,” ujar Anton saat berbincang dengan KompasOtomotif.

Roderick A. Moses/KompasOtomotif Wajah depan tampak manis dengan ubahan minimalis

Karena masih dipakai harian dan ingin tetap gaya, personalisasi yang dilakukannya tidak terlampau ekstrem. Meningkatkan performa diletakkan pada poin paling utama. Beberapa perubahan pada mesin dianggap sangat lebih dari cukup untuk membuat Avanza semakin bertenaga.

Elegan minimalis. Begitu Anton menyebut konsep ubahannya ini. Di beberapa bagian eksterior dipermanis, seperti penggantian lampu utama dengan model proyektor plus penambahan LED untuk lampu siang.

"Banyak insipirasi saat pertama kali melakukan ubahan. Ada DRL (Daytime Running Lights) yang mengikuti liukan lampu utama,” tegas Anton.

Roderick A. Moses/KompasOtomotif Antonius Dwi Nurhayanto berpose dengan Avanza andalannya

Meski ganti lampu, pegawai swasta 38 tahun ini tetap ingin mengikuti aturan. Lampu HID yang terpasang cuma 6.000 kelvin, dirasa masih standar dan tidak menyilaukan pengendara lain di depan.

Tampang Avanza standar masih terasa pada mobil Anton. Hanya jika jeli, ada beberapa ciri unik yang melekat. Selain stiker, terdapat penambahan penutup mata (eye lid) di lampu utama. Pelek juga semakin manis dengan dipasangnya gaya Eropa. ”Yang penting bagi saya tetap nyaman, karena dipakai sehari-hari,” tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com