Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Calon "Teman" Marc Marquez di MotoGP 2015

Kompas.com - 16/05/2014, 15:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Autosport

Le Mans, KompasOtomotif – Isu perpanjangan kontrak dan ”bursa transfer” pebalap terus bergulir. Masih ada kemungkinan terjadi pergeseran pebalap papan atas, termasuk isu tentang Dani Pedrosa yang bisa saja didepak dari Honda. Namun sejumlah kabar soal transfer itu sama sekali tak memengaruhi Marc Marquez, yang baru saja menandatangani kontrak dengan Repsol Honda hingga dua musim ke depan.

Juara dunia termuda dalam sejarah MotoGP itu menyatakan, tak peduli siapa pun rekan setimnya musim depan. ”Tujuan saya adalah di Honda dengan HRC, dan saya sudah di sini. Tentu, saya butuh teammate dan saya yakin Honda akan mempunyai pebalap kuat. Saya tak peduli siapa pun rekan setim nanti,” ujarnya dalam konferensi pers jelang seri MotoGP Le Mans, Kamis (15/5/2014).

Memang, kabar santer menyebut Honda tak berminat memperpanjang kontrak Dani Pedrosa menyusul prestasinya yang stagnan. Di lain sisi, muncul lagi kabar kalau Honda berminat meminang Lorenzo agar mau pindah dari Yamaha ke Honda mulai musim depan.

Isu kepindahan Lorenzo benar-benar kuat, apalagi ditambah lagi kabar kurang mengenakkan, bahwa musim depan Rossi akan jadi pebalap utama di Yamaha. Entah benar atau tidak, yang jelas Lorenzo baru saja menegaskan keinginannya untuk stay dan menghabiskan karir di pabrikan garputala.

Lalu siapa?
Pertanyaannya sekarang, siapa yang akan jadi rekan setim Marquez? Kemungkinannya memang cukup banyak. Dani Pedrosa tentu masih berpeluang. Kemungkinan kedua, tetap Jorge Lorenzo yang juga belum tentu akan bertahan, mengingat tahun ini Yamaha ”kurang greng” jika dibandingkan Honda.

Jika bukan keduanya, indikasi paling masuk akal adalah menaikkan kelas para pebalap yang duduk di barisan tim satelit. Misalnya, Stefan Bradl yang saat ini bersama tim LCR Honda. Atau Alvaro Bautista yang menggeber Honda RC213V bersama Go&Fun Honda Gresini.

Ada juga kemungkinan menggaet jawara Moto2 tahun ini, mengingat di kelas ini semua pebalap menggunakan sepeda motor dari Honda. Tinggal comot siapa yang paling berpotensi, seperti ketika Marc Marquez digaet setelah juara Moto2. Kita tunggu perkembangan selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com