Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Kecil, FIFGroup Tetap Incar Biayai Mobil

Kompas.com - 11/02/2014, 14:39 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sejak memutuskan untuk membiayai mobil pada Mei 2013, performa FIFGroup di segmen ini kurang dahsyat. Bahkan bisa dibilang sangat kecil, sepanjang 2013 hanya 1.000-an unit mobil yang dibiayai. Bandingkan dengan perusahaan pembiayaan lain di bawah naungan PT Astra International, Astra Credit Company (ACC) yang dalam sebulan bisa membiayai sekitar 10.000 mobil.

Soal ini, Presiden Direktur FIFGroup, Suhartono mengatakan, kendala ada pada sistem. ”Pembiayaan mobil, kami bekerjasama dengan ACC. Dan itu membuat rantai prosesnya cukup rumit. Sistem kami berbeda. Ini yang akan kami benahi, dan tahun ini kami naikkan targetnya 5.000 unit mobil setahun. Tidak muluk-muluk,” ujarnya.

Suhartono menceritakan latar belakang keputusan terjun di segmen mobil. Dikatakan, FIF punya costumer sangat besar terutama di pelosok. Dalam perjalanan yang sangat kompetitif, ACC tak maksimal mengembangkan network dengan cepat. Akhirnya, bersama-sama mengemas pasar daerah dengan sistem joint financing. Intinya, pembeli mobil dari daerah yang belum di-cover ACC akan ditangani FIFGroup.

”ACC akan bekerja dalam dua hal, sebagai penyandang sebagian dana dan kreditnya, karena kami tidak punya kompetensi di kredit mobil. Sementara kami melakukan proses dan mengembangkan network. Soal hubungan dengan penjual mobil dan sepeda motor di daerah hampir sama. Jadi tidak ada masalah,” ungkap Suhartono.

Tahun ini, strategi baru akan dijajaki, dengan kerjasama dengan APM yang diyakini akan lebih membantu terutama dalam hal promosi. Jika sudah mampu berjalan sendiri, tidak menutup kemungkinan FIFGroup akan melepas status joint financing denan ACC dan mulai serius menangangi konsumen mobil di daerah yang tak dijangkau ACC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com