Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komposisi Kredit Motor Listrik Tahun Ini Baru 5 Persen

Kompas.com - 30/08/2024, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka mendukung penggunaan motor listrik di Indonesia, BCA Multi Finance memberikan layanan pembiayaan sepeda motor listrik. Pada tahun ini, komposisi kredit motor listrik masih terbilang kecil dibandingkan motor konvensional.

Adhi Purnama, Direktur BCA Multi Finance, mengatakan, perusahaan telah membuka permohonan kredit motor listrik untuk empat merek.

Baca juga: Penyebab Umum Mobil Manual Gagal Menanjak Saat di Tanjakan

Motor listrik Gesits Raya GKOMPAS.com/Dio Motor listrik Gesits Raya G

“Saya enggak punya angka pastinya, sekitar 5 persen (kredit motor listrik pada semester I-2024) kalau di tempat kami,” ujar Adhi, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Itu dari empat brand, Gesits, Polytron, Smooth, dan United. Memang dari brand-brand tertentu, kami belum berani untuk buka semua, karena kami belum tahu aftersales-nya seperti apa. Jadi kami buka beberapa brand, yang menurut kami punya komitmen cukup baik,” kata dia.

Adhi mengatakan, pada semester I-2024, BCA Multi Finance telah menyalurkan pembiayaan kepada total 3,7 juta unit sepeda motor. Naik dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 3,6 juta unit.

Baca juga: Apa Benar Isi Ban Nitrogen Tak Boleh Dicampur dengan Udara Biasa?

“(Tahun ini) saya belum berani prediksi (kredit motor listrik), brand banyak mungkin sekitar 20-an, tapi kan brand ini harus membuktikan bisa bertahan lama, dan itu perlu pembuktian,” ucap Adhi.

“Mungkin kita bisa ambil referensi, setelah krisis moneter 1998, kan banyak merek motor China yang masuk ke pasar, tapi tidak ada yang bertahan. Jadi itu yang menyebabkan pada saat motor listrik, kami lihat mana yang kira-kira akan bisa bertahan di waktu ke depan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau