Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya 200 Armada EV, Ini Deretan Mobil Listrik yang Dipakai Bluebird

Kompas.com - 31/07/2024, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bluebird merupakan perusahaan taksi yang menggunakan mobil listrik sebagai salah satu armadanya. Hingga saat ini, sudah ada ratusan mobil listrik yang digunakan dengan beragam model.

"Adopsi electric vehicle (EV) menjadi komitmen jangka panjang Perseroan sebagai salah satu inisiatif dalam menjalankan Visi Keberlanjutan dalam Pilar BlueSky yang memiliki komitmen 50:30, yaitu mengurangi emisi dan buangan sebanyak 50 persen di tahun 2030," ujar Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Blue Bird Siapkan Hyundai Kona EV untuk IKN

"Hingga saat ini kami telah memiliki 200 unit armada EV untuk layanan E-Bluebird, E-Silverbird dan E-Goldenbird," kata pria yang akrab disapa Andre ini.

Taksi listrik Blue Bird, BYD e6 Kompas.com/Fathan Taksi listrik Blue Bird, BYD e6

Untuk model yang digunakan, Bluebird memiliki BYD e6 dengan kapasitas lima penumpang, termasuk sopir.

Taksi ini hanya tersedia di area Jakarta. MPV listrik ini dibekali baterai berkapasitas 80 kWh dan dapat menempuh 400 km. Tenaganya mencapai 121 Tk dan torsinya 450 Nm.

Selain itu, ada juga BYD T3 yang digunakan sejak beberapa tahun belakangan ini. Mobil listrik ini dibekali dengan baterai 50,3 kWh. Jarak tempuhnya diklaim dapat mencapai 300 km. Tenaga yang dihasilkan 134 Tk dan torsinya 180 Nm.

Baca juga: BYD Tak Minat Jual Mobil Listrik Blue Bird untuk Umum

Selain mobil listrik, Bluebird juga mengandalkan kendaraan elektrifikasi lainnya yang menggunakan teknologi plug-in hybrid, yakni Prius PHEV. Mobil hybrid ini digunakan sejak 2021.

Pengemudi melakukan pengisian daya listrik pada armada taksi E-Bluebird di Mampang, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Bluebird saat ini telah mengoperasikan armada taksi listriknya sebanyak 25 unit E-Bluebird dan 5 unit E-Silverbird. Pengoperasian ini merupakan upaya perusahaan untuk melakukan inovasi dengan merespons perkembangan teknologi kendaraan listrik sebagai armadanya.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi melakukan pengisian daya listrik pada armada taksi E-Bluebird di Mampang, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Bluebird saat ini telah mengoperasikan armada taksi listriknya sebanyak 25 unit E-Bluebird dan 5 unit E-Silverbird. Pengoperasian ini merupakan upaya perusahaan untuk melakukan inovasi dengan merespons perkembangan teknologi kendaraan listrik sebagai armadanya.

Prius PHEV dibekali mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc. Mesinnya memiliki tenaga 96 Tk dan torsi 142 Nm.

Untuk motor listriknya, dapat menghasilkan tenaga dan torsi yang sama. Dengan mode EV, Prius PHEV diklaim dapat melaju sekitar 68 km.

Ketiga mobil listrik tadi digunakan oleh Bluebird untuk layanan reguler. Sedangkan untuk Silverbird yang tergolong layanan eksekutif, tersedia Tesla Model X, yang sudah digunakan sejak 2019. Mobil listrik yang satu ini cukup menghebohkan karena pintunya yang terbuka ke atas model gullwing.

Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75DKompas.com/Setyo Adi Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D

Mobil listrik ini dibekali baterai berkapasitas 75 kWh dan diklaim dapat menempuh jarak hingga 380 km. Tenaga yang dihasilkan sebesar 258,8 Tk dan torsinya 330 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau