Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan Toyota Hilux Rangga, Cari Kepercayaan Pelanggan

Kompas.com - 20/07/2024, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota Hilux Rangga sebentar lagi rilis di Indonesia. Toyota Astra Motor (TAM) menyiapkan ekosistem yang pas buat Rangga, dari cara pembelian yang beragam, biaya servis, sampai suku cadang.

Bisa dibilang, Hilux Rangga jadi produk Toyota kembali main di segmen pikap medium. Sebelumnya memang ada Hilux, cuma kalah pamornya dengan pesaing seperti Mitsubishi L300 maupun Isuzu Traga.

Menanggapi tantangan yang akan datang, Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Toyota memang bukan pemain yang mayoritas di segmen tersebut, cuma bisa belajar tentang kendaraan niaga di sektor lain.

Baca juga: Menunggu Toyota Hilux Rangga, Jadi Kebangkitan Karoseri Indonesia

Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024KOMPAS.com/ADITYO Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024

"Toyota punya pengalaman baik. Seperti travel Jakarta-Bandung, kebanyakan sekarang pakai Toyota HiAce dan Premio. Itu jadi pengalaman, pakai mesin yang satu keluarga (dengan Hilux Rangga), bagaimana perawatan yang baik, dan sebagainya," kata Anton di GIIAS, Kamis (18/7/2024).

Kemudian pembelajaran lain bisa dilihat di segmen pikap 4x4. Hilux sempat dipandang sebelah mata dari kompetitornya yakni Triton. Cuma sekarang sudah bisa bangkit, bahkan bersaing ketat dengan pikap Mitsubishi tersebut.

Baca juga: Daihatsu Sebut Penurunan Penjualan di Luar Prediksi


"Kalau lihat di Freeport, cuma ada satu pikap yang dipakai, Toyota Land Cruiser 70. Mereka percaya, kita punya pengalaman," kata Anton.

Berdasarkan pengalaman tersebut, semuanya dipakai buat mempersiapkan Hilux Rangga. Secara bertahap semuanya disiapkan, ekosistem, buat konsumen puas, sampai akhirnya direkomendasikan dan pembelian makin banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau