Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Suzuki Tambah Model CKD di Indonesia | Wuling Siapkan Confero Hybrid | 3 Alasan Orang Ragu Beli Mobil Listrik

Kompas.com - 20/07/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang ingin tahu alasan Suzuki menambah model CKD di Indonesia. Selain itu, banyak juga yang penasaran dengan Wuling yang menyiapkan Confero Hybrid.

Tak ketinggalan, banyak yang ingin tahu tiga alasan orang ragu membeli mobil listrik. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (19/7/2024):

1. Pabrik di Thailand Tutup, Suzuki Tambah Model CKD di Indonesia

Proses perakitan mobil di pabrik Suzuki Indomobil Motor, Cikarangdok Suzuki Indonesia Proses perakitan mobil di pabrik Suzuki Indomobil Motor, Cikarang

Suzuki Motor Corporation memutuskan untuk menutup pabrik mobilnya di Thailand pada akhir 2025 mendatang. Penutupan pabrik rupanya berdampak pada Suzuki Indonesia yang berencana menambah model rakitan dalam negeri.

Dalam keterangan resmi perusahaan disebutkan, keputusan ini harus diambil Suzuki usai mengevaluasi struktur produksi global dan memilih untuk fokus ke pasar negara lain.

Baca juga: Pabrik di Thailand Tutup, Suzuki Tambah Model CKD di Indonesia

2. Menunggu Toyota Hilux Rangga, Jadi Kebangkitan Karoseri Indonesia

Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024KOMPAS.com/ADITYO Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024

Toyota Astra Motor (TAM) belum juga meluncurkan Hilux Rangga secara resmi. Padahal sudah setahun, sejak GIIAS 2023, pikap tersebut sudah dipajang dengan ragam aplikasi karoseri.

Misal di booth Toyota di GIIAS 2024, ada tiga Hilux Rangga, satu jadi campervan, satu jadi pikap dengan LED, dan satu lagi unit jadi mobil pengumpul sampah botol plastik. Rangga bisa dijadikan apa saja, sesuai kebutuhan.

Baca juga: Menunggu Toyota Hilux Rangga, Jadi Kebangkitan Karoseri Indonesia

3. Mobil Konvensional Masih Laku, Wuling Siapkan Confero Hybrid

Wuling Confero SDok/KOMPAS OTOMOTIF Wuling Confero S

Sejak meluncur pada 2017 silam, bisa dibilang Wuling Confero S semakin meredup. Apalagi semenjak Wuling mengalihkan fokus pada mobil listrik dan mobil tipe SUV.

Meski begitu, Confero S rupanya masih masuk dalam rencana jangka panjang Wuling di Indonesia. Terlebih mobil ini masih menjadi jagoan pabrikan asal China untuk segmen kendaraan tujuh penumpang alias Low MPV.

Baca juga: Mobil Konvensional Masih Laku, Wuling Siapkan Confero Hybrid

4. Kabar Terbaru Soal Pembangunan Pabrik Mazda di Indonesia

Mazda CX-60 Pro hadir di GIIAS 2024dok Eurokars Motor Indonesia Mazda CX-60 Pro hadir di GIIAS 2024

PT Eurokars Motor Indonesia(EMI) selaku distributor Mazda di Tanah Air diketahui sedang membangun pabrik mobil di Tanah Air.

Pusat perakitan Mazda di Indonesia rencananya berlokasi di Jawa Barat, namun informasi lebih rinci mengenai pusat perakitan Mazda di Indonesia saat ini masih rahasia.

Baca juga: Kabar Terbaru Soal Pembangunan Pabrik Mazda di Indonesia

5. Hasil Survei Honda, Ini 3 Alasan Orang Ragu Beli Mobil Listrik

Honda e:N1 GIIAS 2024HPM Honda e:N1 GIIAS 2024

Honda punya peta jalan atau road map untuk memasuki era kendaraan elektrifikasi. Secara global, pabrikan berkomitmen untuk menuju nol emisi pada 2040.

Pada 2040, Honda tak akan menjual kendaraan yang mengeluarkan emisi. Namun peta jalan tersebut dilakukan secara bertahap, sementara mobil hybrid menjadi jembatan sebelum sepenuhnya beralih.

Baca juga: Hasil Survei Honda, Ini 3 Alasan Orang Ragu Beli Mobil Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau