Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mobil Listrik Baru yang Bisa Dibeli di GIIAS 2024

Kompas.com - 20/07/2024, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Kembali menjadi tempat untuk para produsen kendaraan bermotor meluncurkan produk baru.

Menariknya pada tahun ini, kehadiran mobil listrik berbasis baterai alias battery electric vehicle (BEV) baru lebih banyak ketimbang kendaraan dengan bahan bakar bensin.

Berdasarkan pantauan redaksi, sedikitnya ada 11merek mobil yang merilis BEV anyar, yaitu BMW, BYD, GAC Aion, Hyundai, Kia, Lexus, Morris Garage (MG), Neta, VinFast, VW, dan Wuling.

Baca juga: Jetour Siap Bersaing di Segmen SUV di Indonesia

BMW 520i M Sport dan BMW i5 M60Kompas.com/Nanda BMW 520i M Sport dan BMW i5 M60

BMW

BMW Indonesia menjadi salah satu produsen kendaraan premium yang aktif menghadirkan produk-produk ramah lingkungan, tak terkecuali pada ajang GIIAS 2024.

Ada satu BEV yang menjalani debut perdana di pameran tahunan tersebut, yaitu BMW i5 M60. Mobil menggunakan baterai dengan kapasitas 81.2 kWh sehingga bisa menempuh jarak 516 Km.

BMW i5 M60 xDrive gabungkan penggerak hingga bisa mencapai tenaga 442 kW atau 601 hp, dengan torsi 820 Nm. Mobil ini bisa berakselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dalam 3,8 detik.

MPV listrik BYD M6Kompas.com/Nanda MPV listrik BYD M6

BYD

Build Your Dream atau BYD, menjalani debut perdana di GIIAS 2024 dengan sangat agresif. Merek asal China ini langsung meluncurkan tiga produk sekaligus, yaitu M6, Dolphin Dynamic dan Atto 3 Advanced.

Dolphin Dynamics dan Atto 3 Advance secara umum tidak berbeda jauh dengan varian standar yang sebelumnya sudah dijual pada awal tahun.

Perbedaannya hanya di jarak tempuh yang sedikit lebih pendek dan harga lebih murah. Masing-masing dibanderol Rp 365 juta dan Rp 465 juta.

Sementara M6 merupakan BEV 7-penumpang baru dari perusahaan yang dijual mulai Rp 379 juta sampai Rp 429 juta OTR Jakarta.

Mobil ini dibekali dua pilihan baterai. Berkapasitas 71.8 kWh yang mampu menghasilkan jarak tempuh 530 Km dengan tenaga 150 kW dengan torsi 310 Nm.

Serta, berkapasitas 55.4 kWh yang bisa menempuh jarak 420 Km dengan output 120 kW dan torsi 310 Nm.

Baca juga: Ini Perbedaan Tiap Varian MPV Listrik BYD M6

Hyptect HTdok.Aion Hyptect HT

GAC Aion

Masih dengan merek mobil asal China, GAC Aion secara resmi meluncurkan dua produk baru pada hari pertama GIIAS 2024, yaitu Aion ES dan Hyptec HT.

Aion ES merupakan sedan listrik murni yang dibekali baterai berkapasitas 55,2 kWh. Jarak tempuh mobil ini mencapai 442 Km dengan tenaga 134 Hp dan torsi 225 Nm.

Sedangkan Hyptec HT ialah produk dari sub-brand Aion. Produk ini mengedepankan sisi kemewahan dan teknologi. Dapur pacunya dibekali baterai 83 kWh dengan jangkauan jarak 400 km.

Mempunyai tenaga 335 Hp dan torsi 430 Nm, mobil dijual mulai Rp 685 juta. Sementara Aion ES dibanderol Rp 386 juta OTR Jakarta.

Hyundai Kona Electric pakai baterai mobil listrik buatan LG-HyundaiKompas.com/Ruly Hyundai Kona Electric pakai baterai mobil listrik buatan LG-Hyundai

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau