Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Detail dan Spesifikasi Honda Rebel 1100

Kompas.com - 13/06/2024, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menjual Rebel 1100 di Indonesia dengan harga Rp 375 juta. Bagi yang penasaran seperti apa motornya, bisa saksikan langsung di Jakarta Fair Kemayoran 2024.

Pada gelaran tersebut, Rebel 1100 dipamerkan di tengah-tengah motor premium lain seperti CB650R dan Dax. Melihat dari tampilannya, Rebel 1100 kelihatan ringkas, tidak beda jauh dimensinya dengan Rebel 500.

Baca juga: Honda Rebel 1100 Resmi Dijual di Indonesia, Harganya Rp 375 Juta

Honda Rebel 1100KOMPAS.com/FATHAN Honda Rebel 1100

Bagian paling beda ada di mesinnya yang kini 1.084cc dua silinder segaris dengan pendingin cairan yang diambil dari Africa Twin. Cuma bedanya, karakter mesin disesuaikan dengan motornya yang kini bergaya cruiser.

Makanya tenaga yang dihasilkan jadi 64 kW atau sekitar 85,8 TK di 7.000 RPM dan torsi 98 Nm di 4.750 Nm. Kalau dibandingkan dengan Africa Twin (73 kW atau 97,8 TK di 7.500 RPM dan torsi 103 Nm di 6.000 RPM), memang lebih rendah.

Baca juga: Berlaku Bulan Depan, Ini Tujuan Korlantas Polri Perbarui Format SIM

Honda Rebel 1100KOMPAS.com/FATHAN Honda Rebel 1100

Tapi di atas kertas, tenaga dan torsi puncak bisa diraih di putaran mesin yang lebih rendah. Jadi dibuat beda karakternya motor yang buat cruiser di jalanan aspal dengan motor petualang yang kerap digas sampai putaran tinggi.

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda belakang pakai transmisi kopling ganda (Dual Clutch Transmission) enam percepatan. Tersedia juga beberapa mode berkendara, bisa disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilewati.

Honda Rebel 1100KOMPAS.com/FATHAN Honda Rebel 1100

Makanya di bagian setang sebelah kiri sudah tidak ada lagi tuas kopling. Jadi untuk maju, bisa menekan tombol di sisi kanan setang, pilih D untuk maju dan N untuk netral. Kalau mau jalan otomatis atau manual, tekan lagi tombol A/M.

Buat ganti gigi, bisa menekan tombol plus di belakang sisi kiri setang dan minus di bagian dekat klakson. Jadi saat mode manual, pengendara bisa mengganti giginya sendiri.

 

Fitur yang disematkan pada Rebel 1100 juga lengkap buat motor cruiser. Misal cruise control yang membantu pengendara menyetel kecepatan motor tanpa harus menarik gas, pas buat jalan jauh.

Bagian kaki-kaki, menggunakan suspensi depan dari Showa berukuran 43mm yang bisa disetel. Begitu juga di bagian belakang, pakai Showa Twin Piggiback yang bisa disesuaikan kekerasannya.

 

Honda Rebel 1100KOMPAS.com/FATHAN Honda Rebel 1100

Soal pengereman, di depan pakai cakram berukuran 330mm floating dengan kaliper empat piston yang dipasang secara radial. Sedangkan di belakang, ukuran cakramnya 256mm dan sudah ABS dual-channel.

Soal tampilan, Rebel 1100 cuma tersedia satu pilihan warna, yakni hitam. Warna peleknya dicat rose gold yang menambah kesan premium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com