Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Sembarang Buka Tutup Radiator Saat Mesin Panas

Kompas.com - 27/06/2024, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada satu hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh pengemudi mobil saat mengalami mesin mati mendadak atau mogok, yaitu tidak gegabah dalam membuka tutup radiator.

Dalam membuka tutup radiator, pengemudi tidak bisa sembarangan. Sebab, ketika mobil mengalami overheat pada ruang pendingin terdapat tekanan tinggi.

Jika nekat membukanya, maka tutup radiator bisa terpental. Tak hanya itu, ada juga uap panas dan air panas yang menyembur dari lubang radiator tersebut.

Baca juga: Perluas Bisnis, Perusahaan Pembiayaan Ini Rambah Sektor Niaga

Seperti yang terjadi dalam unggahan akun Instagram @lowslowmotif, Rabu (26/6/2024). Dalam tayangan tersebut, terlihat seorang membuka tutup radiator mesin yang diduga overheat dan seketika uap panas keluar.

Hal ini tentu berbahaya karena bisa melukai diri sendiri. Selain itu, radiator atau tutup radiator juga bisa rusak jika dibuka paksa seperti itu.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, membuka tutup radiator, untuk orang awam tidak disarankan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

“Sebab, ada beberapa teknik yang harus dipahami supaya tidak menimbulkan kemungkinan overheat karena radiator cap tidak tertutup rapat ataupun cedera karena uap atau air panas,” kata Bambang, belum lama ini.

Bambang melanjutkan, jika mesin sudah mengalami overheat, maka sebaiknya mematikan mesin. Diamkan dulu beberapa saat, baru dibuka bila diperlukan penambahan cairan pendingin atau coolant.

“Saat overheat biarkan mesin mati dan tunggu beberapa saat, baru dicek,” ucap Bambang.

Sementara itu, pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo menambahkan, sudah ada tulisan larangan untuk membuka tutup radiator ketika mesin panas, karena itu cukup berbahaya.

Baca juga: Cara Korlantas Polri Tingkatkan Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas

“Ketika suhu mesin panas, maka ruang pendingin mesin dipastikan bertekanan tinggi baik dalam kondisi ada air ataupun habis, maka dari itu jika tutup dibuka bisa menyembur, uap air atau air panas melukai,” kata Hardi.

Hardi melanjutkan, bahkan ketika air habis sekalipun bisa membahayakan. Ketika radiator yang panas tersebut diisi air saat itu juga, maka air akan menyembur keluar karena menguap akibat blok mesin yang terlalu panas.

Jalan yang paling tepat adalah tidak membuka tutup radiator, dan bila memang harus menambah air radiator bisa lewat tangki cadangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com