Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Electrum H3 Resmi Meluncur, Harga Promo Rp 14 Jutaan

Kompas.com - 06/06/2024, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan motor listrik di Indonesia terus bertambah. Belum lama ini, motor listrik Electrum H3 resmi dipasarkan dengan banderol mulai Rp 14 jutaan.

Motor listrik dengan merek Electrum ini dipasarkan oleh PT Energi Kreasi Bersama. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan patungan (joint venture) antara PT TBS Energi Utama Tbk dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Electrum H3 merupakan kelanjutan dari Electrum H5 yang sebelumnya telah diluncurkan pada akhir 2023.

Baca juga: Pabrik Motor Listrik Electrum Siap Beroperasi Semester I-2025

SVP Corporate Strategy & Investor Relations TBS, Nafi Sentausa, mengatakan, peluncuran H3 menjadi bagian dari momentum positif yang selaras dengan roadmap strategy perusahaan untuk mengakselerasi transisi energi yang lebih hijau. Salah satunya melalui pembangunan ekosistem kendaraan listrik.

Motor listrik Electrum H3Dok. Electrum Motor listrik Electrum H3

“Kami berkomitmen untuk memberikan solusi mobilitas yang ramah lingkungan dan efisien, sehingga masyarakat dapat beralih ke EV dengan lebih mudah dan cepat,” ujar Nafi, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Patrick Adhiatmadja, Managing Director Electrum, mengatakan, H3 dikembangkan untuk melengkapi kebutuhan masyarakat urban yang lincah, memerlukan kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara melalui kendaraan motor listrik roda dua yang lebih ringan.

"Electrum H3 telah mengantongi sertifikat TKDN, sehingga memenuhi persyaratan untuk mendapatkan program insentif pemerintah untuk motor listrik,” kata Patrick.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Electrum H5, Jarak Tempuh Mencapai 120 Km

H3 dilengkapi dengan dua mode berkendara, yakni Smart dan Sport. Mode Smart untuk pemakaian energi paling efisien dan Mode Sport untuk performa maksimal yang dapat mencapai kecepatan hingga 65 km/jam.

Motor listrik Electrum H3Dok. Electrum Motor listrik Electrum H3

H3 juga menawarkan performa kemasan baterai yang dapat ditukar. Untuk baterainya, Electrum mengandalkan baterai Lithium Ion berbasis nikel dengan kapasitas 1,8 kWh, berbobot sekitar 10 kg, dan dimensi paling ringkas di kelasnya.

Dengan baterai yang terisi penuh, H3 dapat menempuh jarak hingga 60 km. Adapun kemasan baterai Electrum sudah memenuhi standar SNI 8928-2023.

“H3 telah terintegrasi dengan Sistem Digital Electrum, mulai dari aplikasi pelanggan (user apps), terhubung dengan motor dan baterai, hingga ke back-end sistem Electrum. Kemudahan dalam mengganti baterai telah terbantu dengan hampir 200 Battery Swapping Station (BSS) yang tersebar di hampir 150 lokasi di sekitaran kota Jakarta dan ditargetkan akan bertambah lagi hingga 500 unit di Jadetabek sampai dengan akhir tahun 2024," ujar Patrick.

Electrum H3 memiliki harga promosi perkenalan khusus sampai bulan Juni 2024, yakni Rp14,9 juta (OTR Jakarta). Sedangkan harga normalnya setelah subsidi pemerintah adalah sebesar Rp 15,9 juta, tanpa kemasan baterai.

Untuk kemasan baterai itu sendiri bisa disewa dengan harga promo perkenalan mulai dari Rp 200.000 per bulan. Unit motor ini sudah dapat dipesan oleh masyarakat umum melalui Electrum Sales Center di Pondok Indah, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com